Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paling Banyak Dicari, Begini Stok Rumah Seharga di Atas Rp 1 Miliar

Kompas.com - 24/03/2022, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah seharga di atas Rp 1 miliar saat ini paling banyak dicari. Ini merupakan sejarah baru, untuk pertama kali diburu pencari rumah dibandingkan dengan harga di bawahnya.

Country Manager Rumah.com Marine Novita menuturkan, tingkat pencarian rumah dengan harga Rp 1 miliar mencapai angka 52 persen.

"Sedangkan 48 persen sisanya masih mencari rumah yang memiliki harga di bawa Rp 1 miliar," ujar Marine, Rabu (23/3/2022).

Baca juga: Selera Berubah, Masyarakat Makin Minati Rumah di Atas Rp 1 Miliar

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum Real Estat Indonesia (REI) Bambang Eka Jaya mengatakan rumah seharga di atas Rp 1 miliar umumnya berada di kota-kota besar seperti di Jabodetabek, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan dan Bandung.

"Rumah komersial di DKI Jakarta itu pasti di atas Rp miliar, Selain itu untuk kota-kota besar lain seperti Surabaya, Medan, Semarang, Bandung untuk properti landed umumnya juga di atas Rp 1 miliar," kata Bambang.

Mengutip data Sikumbang, Bambang menuturkan, rumah komersial di Provinsi DKI Jakarta yang tersedia saat ini dan dibangun oleh berbagai asosiasi pengembang yaitu sebanyak 4.461 unit.

Selanjutnya, stok rumah komersial di Jawa Barat sebanyak 30.249 unit, Jawa Tengah 6.653 unit, Jawa Timur 16.817 unit, Provinsi DI Yogyakarta 624 unit, Banten 15.465 unit dan Sumatera Utara 2.471 unit.

Tingginya pencarian rumah di atas Rp 1 miliar ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia saat ini sudah lebih siap untuk kembali berinvestasi pada sektor properti.

Sebelumnya, banyak orang yang masih terkendala dalam melakukan traveling lantaran masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Karena itu, masyarakat pun mengambil alokasi dana liburan mereka dan memilih berinvestasi di sektor properti.

“Selain itu, pada akhir tahun 2021, orang-orang berlomba-lomba membeli properti karena ada banyak penawaran menarik. Seperti diskon dari developer dan insentif PPN DTP,” tambah Marine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com