Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Anda Perlu Berinvestasi pada Kursi Kerja Egronomis?

Kompas.com - 28/02/2022, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kursi ergonomis merupakan kursi yang dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan duduk penggunanya.

Bagi Anda yang saat ini bekerja dari rumah (work from home), sudah saatnya memikirkan untuk memiliki kursi ergonomis demi menunjang performa kerja.

Meskipun memiliki harga yang mahal, namun kursi jenis ini telah terbukti dapat meningkatkan kenyamanan bekerja seseorang seperti mengurangi nyeri punggung dan sendi hingga membuat Anda lebih produktif saat bekerja.

Jika Anda mengerjakan pekerjaan yang mengharuskan Anda duduk di depan komputer lebih dari delapan jam sehari, ini adalah investasi yang baik.

Baca juga: Kerja dari Rumah? Begini Cara Bikin Ruang Kantor yang Nyaman

Keuntungan utama dari kursi kerja egronomis adalah membuat postur tubuh Anda lebih baik.

Memang Anda dapat memperbaiki postur tubuh Anda di jenis kursi manapun. Namun kebanyakan orang kembali ke kebiasaan duduk yang buruk seiring waktu.

Tidak seperti kursi konvensional, yang menuntut Anda memperbaiki postur setiap waktu, kursi ergonomis secara khusus dirancang untuk mengatur posisi tubuh Anda.

Jadi, Anda tak lagi harus khawatir untuk mengatur tubuh Anda pada sudut yang benar. Memiliki kursi ergonomis bisa membantu mengurangi sakit punggung dalam jangka panjang.

Sakit punggung dalam jangka waktu lama tidak hanya membuat nyeri namun juga bisa menyebabkan stres psikologis.

Dalam kasus terburuk, sakit punggung dapat menyebabkan depresi dan kecemasan.

Dengan memiliki kursi ergonomis, Anda dapat memastikan bahwa lebih banyak waktu duduk tidak harus mengarah pada sakit fisik atau emosional.

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan adalah Anda bisa lebih fokus dalam bekerja. Jika pikiran lebih tenang, makan akan jauh lebih mudah untuk fokus menyelesaikankan pekerjaan.

Studi Departemen Tenaga Kerja dan Industri Negara Bagian Washington menemukan bahwa pekerja yang beralih ke perabot kantor ergonomis menunjukkan peningkatan signifikan pengurangan tingkat kesalahan, dan ketepatan waktu pekerjaan yang diserahkan.

Jadi bila Anda ingin bekerja dari rumah secara produktif, segera siapkan dana untuk membeli kursi kerja yang memiliki desain ergonomis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com