Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 16 Proyek Jalan dan Jembatan yang Ditawarkan dengan Skema KPBU

Kompas.com - 24/02/2022, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menawarkan 16 proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di bidang jalan dan jembatan tahun ini.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Herry Trisaputra Zuna mengatakan dari total 16 proyek tersebut, enam di antaranya sedang dalam tahap penyiapan dan 10 lainnya dalam tahap transaksi.

"Untuk proyek KPBU jalan dan jembatan tahun 2022 itu ada 16 proyek, ada yang sudah tahap transaksi dan ada yang masih tahap penyiapan," kata Herry dalam keterangannya, Senin (21/02/2022).

Baca juga: Jumat, Presiden Jokowi Resmikan Ruas Terakhir Tol Pertama di Sulawesi Utara

Enam proyek KPBU di bidang jalan dan jembatan yang sedang dalam tahap persiapan dengan estimasi senilai Rp 101,32 triliun:

  1. Jalan Pendukung IKN 
  2. Operasi Suramadu bundling Jalan TOL SERR
  3. Jalan Akses Exit Toll
  4. Jalan Tol Cilacap-Yogyakarta
  5. Jalan Tol Demak-Tuban
  6. Jalan Tol Ngawi-Bojonegoro-Babat

Sedangkan 10 proyek di bidang jalan dan jembatan yang memasuki tahap transaksi yaitu:

  1. Jembatan Batam-Bintan
  2. Jalan Trans Papua Ruas Jayapura–Wamena (Segmen Mamberamo Elelim)
  3. Jalan Tol Kohod (Pakuhaji)–Lebakwangi (Neglasari).
  4. Jalan Tol Kediri–Tulungagung
  5. Jalan Tol Malang–Kepanjen
  6. Jalan Tol Semarang Harbour
  7. Jalan Tol Semanan–Balaraja
  8. Jalan Tol Sentul Selatan–Karawang Barat
  9. Jalan Tol Bogor–Serpong via Parung
  10. Jalan Tol Cikunir–Karawaci.

Selain jalan dan jembatan, ada juga proyek KPBU di bidang Sumber Daya Air (SDA) seperti Bendungan Merangin di Jambi yang sedang tahap penyiapan KPBU dan Bendungan Bodri serta pemeliharaan Bendungan dan BGS PLTM Bintang Bano–NTB yang sedang dalam tahap transaksi.

Lalu di bidang perumahan, ada dua proyek rumah susun (rusun) yang ditawarkan lewat skema KPBU dalam tahap penyiapan yaitu Rusun Karawang Spuur–Karawang dan Rusun IKN Tahap I.

Terdapat dua rusun yang sudah dalam tahap transaksi yakni Rusun Cisaranten di Bandung dan Rusun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei di Sumatera Utara.

Kemudian di sektor permukiman, terdapat lima proyek yang dalam tahap penyiapan KPBU yakni SPAM Regional Petanglong Terintegrasi dengan SPAB Kedunglanggar–Jateng, TPA Manggar- Balikpapan (FBC), SPAM Regional Bimatara Terintegrasi dengan SPAB Kuwil-Sulut, SPAM Ayung I Terintegrasi dengan SPAB Sidan-Bali, SPAM dan SPAB Karian Barat–Banten.

Herry menyebut bahwa total proyek KBPU infrastrutkur pada tahun 2022 ada sebanyak 30 proyek dengan anggaran mencapai Rp 332,59 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com