Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakpro Gelar Public Tour 5 Bangunan Ikonik Ibu Kota Gratis, Apa Saja?

Kompas.com - 25/12/2021, 20:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro mengajak masyarakat umum untuk mengunjungi lima ikon baru Jakarta.

Kelima ikon tersebut adalah Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta International Velodrome (JIV), Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Lintas Raya Terpadu (LRT), dan Jakarta International Stadium (JIS) secara gratis atau tidak dipungut biaya.

Kegiatan public tour atau kunjungan publik ini berlangsung dari tanggal 25 Desember hingga 30 Desember 2021 dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan merayak HUT ke-21 Jakpro.

Kapasitas kunjungan maksimal 30 orang per sesi dengan menaiki bus listrik. Bagi yang ingin mengikuti public tour, bisa mengisi registrasi di https://bit.ly/publictourjakpro.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Jakpro Nadia Diposanjoyo mengatakan, Jakpro mengajak warga Jakarta dan masyarakat sekitar untuk memanfaatkan berbagai fasilitas ikonik wajah baru Jakarta yang umumnya berstandar internasional sebagai ruang publik.

Jakpro tetap menerapkan protokol Kesehatan yang ketat. Seperti menjaga jarak, menyediakan handsanitaiser, dan peserta wajib menunjukan bukti sertifikasi vaksinasi Covid-19.

Kegiatan ini tujuannya untuk mengajak warga melihat karya arsitektur buatan anak bangsa bertaraf internasional sekaligus turut merasakan fasilitas yang tersedia untuk berinteraksi dan beraktivitas bersama komunitas.

Karya-karya arsitektur ini dibangun 100 persen oleh anak bangsa.

“Kami ingin masyarakat dapat menikmati berbagai keunikan karya ikonik anak bangsa yang diakui dunia yakni Velodrome, Equistrian Park, LRT, JIS, dan Revitalisasi TIM,” ucap dia. 

Nadia menambahkan, bangunan ikonik ini memiliki keunikannya masing-masing, selain berfungsi menjadi ruang publik juga sekaligus bisa mendukung bangkitnya industri sportaiment di tanah air.

Public touring melihat fasilitas ikonik wajah baru Jakarta dengan bis listrikJakpro Public touring melihat fasilitas ikonik wajah baru Jakarta dengan bis listrik
1. Jakarta International Velodrome

Jakarta International Velodrome memiliki beberapa keunggulan seperti track balap sepeda menggunakan kayu Siberia.

Kayu ini akan membuat pesepeda menjadi lebih aman, karena kayu ini berserat halus dan sifatnya lentur dan ringan untuk lintasan miring.

Sehinnga sangat cocok dengan elastisitas ban sepeda dan sesuai standar yang ditentukan Union Cycliste Internationale (UCI).

Kemudian Velodrome dilengkapi ruang mesin khusus yang terdapat di bawah lintasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com