Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertolak ke Korsel Akhir Tahun, Basuki Ingin Lihat 3 Proyek Smart City

Kompas.com - 04/11/2021, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berencana mengunjungi Korea Selatan pada akhir tahun 2021 untuk mengunjungi tiga proyek smart city (kota cerdas).

Ketiga proyek kota cerdas yang akan dikunjungi Basuki adalah Smart Village di Eco Delta City, Songdo City, serta Sejong City.

"Saya tertarik untuk mempelajari bagaimana kota-kota baru itu dibangun dari awal, bagaimana konsep kota pintar dapat diimplementasikan," terang Basuki dikutip dari siaran pers, Kamis (4/11/2021).

Baca juga: Berkaca pada Sejong, Korea Dukung Pembangunan IKN sebagai Kota Pintar

Basuki mengungkapkan, Kementerian PUPR ingin banyak mempelajari pengalaman Korea atas pengembangan tiga kota cerdas tersebut sehubungan rencana pembangunan ibu kota negara (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur.

"Saat ini rancangan Undang-undang (UU) IKN sudah disampaikan Pemerintah ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk dibahas lebih lanjut dan mendapatkan persetujuan," lanjut dia.

Saat ini, Kementerian PUPR juga tengah memperkuat kerja sama bilateral melalui dukungan ahli bendungan dan pengembangan infrastruktur berbasis Teknologi Informasi Komunikasi (TIK/ICT) dengan Kementerian Lingkungan Korea Selatan.

"Saya juga menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Korea Selatan atas dukungannya untuk memperkuat kerja sama infrastruktur, termasuk ahli bendungan yang dirasakan sangat membantu," ujar Basuki.

Baca juga: Jokowi Singgung IKN Saat Bertemu MBZ, Ada Apa?

Sementara pengembangan infrastruktur berbasis TIK/ICT ini berupa teknologi Advanced Hydrologic Measurement dan Pilot Project Smart Water Management Denpasar.

Basuki berharap, TIK akan bermanfaat dalam membantu pengumpulan data hidrologi dan informasi air secara terkini untuk mewujudkan pengelolaan berkelanjutan dan efisien.

Saat ini, dua kerja sama di bidang pemanfaataan TIK tersebut sedang dalam tahap persiapan untuk dilaksanakan.

Basuki juga menyampaikan rencananya untuk pengembangan pemanfaatan bendungan untuk sumber energi terbarukan.

Hal itu sama halnya dengan pemanfaatan tenaga hidro dan pemasangan panel surya di bendungan untuk menghasilkan energi listrik.

Kerja sama ini sekaligus menindaklanjuti pertemuan bilateral yang terakhir dilakukan pada Mei 2021 antara Indonesia dengan Korea Selatan terkait persiapan penyelenggaraan The 2nd Asia Internation Water Week (AIWW) yang direncanakan terselenggara pada Maret 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com