Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

On The Rocks, Hunian yang Dirancang Menyatu dengan Lanskap Bebatuan

Kompas.com - 02/10/2021, 13:21 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berkembangnya teknologi, banyak hal yang dulunya tampak mustahil kini bisa terwujud. Salah satunya adalah mendirikan hunian di tengah daerah bebatuan dan bersalju.

Seperti yang baru saja dilakukan studio arsitektur asal Lebanon, Karim Nader Studio yang baru saja menyelesaikan tempat peristirahatan yang dijuliki “On The Rocks”.

Sesuai namanya, bangunan ini dibangun di atas padang bebatuan yang tertutup salju. Lokasinya berada di Faqra, Lebanon, yang mana merupakan lokasi berdirinya puluhan resor ski.

Namun tempat peristirahatan ini memilik desain yang unik dan berada di tengah bebatuan berwarna abu-abu sehingga memperlihatkan kesan yang dramatis.

Baca juga: Begini Konsep Desain Kawasan Perumahan IKN, Mulai Dibangun Tahun 2022

Bila tinggal di hunian ini, Anda bisa menikmati porama yang indah mulai dari pemandagan ke area ski terdekat, lembah, dan kota Beirut.

Seperti dikutip dari Design Boom, tim arsitektur mendesain bagian eksterior rumah ini agar menyatu dengan lanskap sekitar, didingnya menggunakan panel dinding beton, sehingga menghasilkan warna abu-abu alami.

Setiap ruangan di dalam rumah terdiri dari beberapa bagian berbeda dan dihubungan dengan floating roof atau atap melayang.

Bagian atap ini berfungsi untuk menutup ruang interstisial antara ruang pribadi dan area sosial yang transparan dan tampak dari luar.

Meskipun berada di lokasi yang dingin, setiap ruangan di hunian ini sangat hangat karena di lapisi kayu dan menciptakan dinding ganda namun tak melebihi standar ketebalan kontemporer.

Sementara itu, bagian atap membentang horizontal untuk melindungi area fasad. Fasad ini nantinya memungkinkan para penghuni untuk berada di luar ruangan selama musim semi, musim panas, dan musim gugur.

Untuk masuk ke hunian ini, Anda bisa masuk dari sisi barat melalui tangga yang berkelok-kelok di sekitar bebatuan, di mana Anda akan disambul di area ruang tamu.

Sementara sudut tenggara rumah ini dibangun menyatu dengan formasi batuan melingkar dan menjadi area untuk menghangatkan diri dan teras untuk melakukan berbagai aktivitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com