Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Selasa, Operasional Transjakarta Diperpanjang hingga Pukul 21.00 WIB

Kompas.com - 26/01/2021, 06:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta memastikan mulai Selasa (26/01/2021) jadwal operasional angkutan Transjakarta diperpanjang hingga pukul 21.00 WIB.

Hal itu mengacu Keputusan Gubernur (Kepgub) DKI Jakarta Nomor 51 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakukan, Jangka Waktu dan Pembatasan Aktivitas Luar Rumah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),

"Transjakarta memperpanjang jam operasional. Penyesuaian ini efektif berlaku mulai Selasa, 26 Januari 2021," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (25/01/2021).

Budi menjelaskan mulai Selasa ini, Transjakarta akan beroperasi dari pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB. Penerapan aturan jam operasional ini berlaku sampai 8 Februari 2021.

Baca juga: Transjakarta Sediakan Feeder Khusus Rute Harmoni-Pasar Baru

Meski demikian, PT Transjakarta masih tetap memberlakukan pembatasan kapasitas bus sesuai ketentuan yaitu maksimal 50 persen.

Rinciannya, bus gandeng diisi maksimal sebanyak 60 penumpang, lalu bus sedang 30 penumpang, bus kecil 15 penumpang dan angkutan mikro lima penumpang.

Selain itu, PT Transjakarta mengimbau masyarakat untuk tetap berada di rumah bila tidak ada keperluan mendesak.

Jika harus meninggalkan rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Diketahui Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali memperpanjang pemberlakuan PSBB ketat di Ibu Kota mulai 26 Januari 2021 hingga 8 Februari 2021.

Aturan perpanjangan PSBB ini diterapkan seiring dengan status perpanjangan pemberlakuan kegiatan masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali oleh Pemerintah Pusat guna mencegah lonjakan kasus penularan Covid-19.

Kebijakan ini diputuskan oleh Presiden Joko Widodo dalam rapat kabinet dan diumumkan Menteri Koordinator bidang Perekonomian yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto, Kamis (21/1/2021).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com