Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet, Jasamarga Uji Coba Rekayasa Lalin di Tol Jagorawi

Kompas.com - 20/12/2020, 11:02 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT), pengelola Tol Jagorawi, akan melalukan Uji Coba Rekayasa Lalu Lintas khususnya di lokasi pertemuan lalu lintas (merging) pada On Ramp Gerbang Tol (GT) Cibubur 2.

Uji coba tersebut dilakukan sebagai langkah upaya penguraian kepadatan yang kerap kali terjadi di Jalan Tol Jagorawi, khususnya dari arah Bogor menuju Jakarta.

General Manager Representatif Office 1 Regional Jasamarga Metropolitan Tollroad
Tri Wahyu Subekti mengatakan uji coba rekayasa lalu lintas akan dilaksanakan mulai Senin (21/12/2020) hingga Jumat (01/01/2021).

"Pelaksanaan uji coba rekayasa lalu lintas ini diharapkan dapat memperbaiki aliran lalu lintas, meningkatkan waktu tempuh perjalanan, menertibkan lalu lintas, mengurangi kendaraan crossing, dan pada akhirnya dapat memperlancar lalulintas," kata Wahyu salam keterangan tertulis, Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Mulai 31 Desember Pukul 18.00 WIB, Contraflow Diberlakukan di Tol Jagorawi

Adapun rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan berupa pemasangan water barrier dari KM 14+500 sampai dengan 13+500 arah Jakarta untuk mensterilkan bahu jalan.

Kemudian pemasangan traffic cone dari KM 13+400 sampai dengan 13+200 arah Jakarta (setelah Chevron Cibubur sampai dengan Cibubur 2 Satelit untuk kanalisasi Cibubur 2) untuk mengurangi merging.

Selanjutnya menempatkan petugas Mobile Customer Services dan kendaraan bantuan lainnya di sekitar lokasi rekayasa lalulintas sebagai langkah antispasi bila terjadi gangguan kendaraan.

Wahyu menjelaskan nantinya hasil dari uji coba ini akan dilakukan evaluasi untuk diberlakukan secara permanen jika terbukti dapat mengurai kepadatan lalu lintas di sekitar Cibubur arah Jakarta.

Selain itu, contraflow arah Jakarta yang dimulai pada KM 17+200 sampai dengan KM 8+600 akan tetap dilaksanakan pada Senin (21/12/2020), untuk mengurai kepadatan di sekitar Cimanggis arah Jakarta.

"Selama kegiatan uji coba rekayasa berlangsung diimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, tertib di lajurnya, memperhatikan rambu-rambu dan arahan petugas, serta mengatur waktu perjalanannya," ujar Wahyu.

Wahyu menambahkan untuk mendapatkan perkembangan informasi lebih lanjut terkait
lalu lintas, pengendara dapat mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com