Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Nataru, Astra Pastikan 400 CCTV 7 Tol Berfungsi Baik

Kompas.com - 10/12/2020, 18:13 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Infra memastikan tujuh ruas jalan tol yang dikelola siap dilintasi pada momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Ketujuh ruas tersebut yakni, Tol Tangerang-Merak, Tol Cikopo-Palimanan, Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Semarang-Solo, Tol Jombang-Mojokerto, Tol Kunciran-Serpong, serta Tol JORR I W2N atau Kebon Jeruk-Ulujami.

CEO Tollroad Business Group Astra Infra Krist Ade Sudiyono mengungkapkan hal itu dalam konferensi virtual, Kamis (10/12/2020).

Baca juga: Investasi di Ruas Kebon Jeruk-Ulujami, Astra Tambah Kepemilikan Tol 357,6 Kilometer

"Tujuh ruas jalan tol tersebut dipastikan akan tetap konsisten menjalankan kebijakan, prosedur, maupun mekanisme mitigasi, pencegahan, dan penanganan Covid-19," ujar Krist.

Tahun ini, lanjut Krist, Astra Infra mengampanyekan pengalaman perjalanan di jalan tol yang dikelola pada momen Nataru bertajuk "Nataru Aman & Asik".

Nataru Aman merupakan singkatan dari “Ayo Mengikuti Aturan”. Artinya, ajakan kepada para pengguna jalan tol yang diwujudkan dalam Kampanye Bulan Keselamatan Berkendara 2020.

Implementasi kampanye ini berupa tindakan preventif untuk menekan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor manusia seperti mengantuk, kelelahan, tidak konsentrasi, melaju dengan kecepatan tinggi, dan sebagainya.

Selain itu, implementasi kampanye tersebut untuk menekan praktik Over Dimension Over Load (ODOL) yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serta mempengaruhi kualitas jalan tol.

Keselamatan dan keamanan di jalan tol yang dikelola ditunjang dengan optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur berupa perambuan dan pekerjaan peningkatan jalan.

Baca juga: Investasi di Ruas Kebon Jeruk-Ulujami, Astra Tambah Kepemilikan Tol 357,6 Kilometer

"Total 197 unit Warning Light dan 400 unit Closed-Circuit Television (CCTV) di tol Astra Infra pun terdata berfungsi dengan baik," lanjut Krist.

Sedangkan untuk layanan kesiapsiagaan dan tanggap darurat, telah disiapkan total 27 armada patroli jalan raya, 43 armada derek, 27 unit Polisi Jalan Raya, 9 unit rescue dan 18 ambulans. 

Astra Infra bersama dengan kepolisian daerah setempat pun telah menyiapkan manajemen lalu lintas untuk keadaan situasional.

Untuk pengguna jalan tol yang merasa lelah dan memerlukan istirahat, perusahaan telah menyediakan 11 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tipe A dan 12 tipe B salah satunya, Resta
Pendopo KM 456 di Tol Semarang-Solo.

Sementara Nataru Asik merupakan singkatan dari "Ayo Selalu Ikuti Protokol Kesehatan”.

Sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui kontak fisik pada layanan transaksi, perusahaan mengoptimalkan dan menambah Gardu Tol Otomatis (GTO) dan Mobile Reader.

Petugas jalan tol juga telah dilengkapi dengan perlengkapan sesuai protokol Covid-19. Sementara pada fasilitas mitigasi Covid-19 telah tersedia ruang observasi sementara, posko kesehatan, tempat cuci tangan di TIP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com