Kompas.com - 10/12/2020, 12:00 WIB
Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu Dok. PT Hutama Karya (Persero).Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu secara keseluruhan tuntas Tahun 2022 mendatang.

Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan hal itu dalam keterangan pers yang dikutip Kompas.com, Kamis (10/12/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara keseluruhan, pengerjaan jalan tol yang menghubungkan Provinsi Bengkulu dengan Kota Lubuk Linggau di Provinsi Sumatera Selatan ini kami targetkan selesai pada 2022 mendatang," ujar Suroto.

Suroto melanjutkan, perusahaan memastikan konstruksi tol terus berjalan meski di tengah Pandemi Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Perlu diketahui, Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu membentang sepanjang 96 kilometer yang termasuk dalam koridor pendukung Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) mulai dari Palembang hingga Bengkulu sepanjang 330 kilometer.

Baca juga: Tol Trans-Sumatera Tahap I Terus Dikebut, Tersisa 643 Kilometer

Tol ini terbagi menjadi tiga seksi yakni, Seksi 1 (Bengkulu-Taba Penanjung) sepanjang 18 kiloemetr), Seksi 2 (Taba Penanjung-Kepahiang sepanjang 28 kilometer, dan Seksi 3 Kepahiang-Lubuk Linggau sepanjang 54 kilometer.

Khusus untuk Seksi 1 Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 18 kilometer, progres konstruksinya telah mencapai 82 persen dan pengadaan lahan sebesar 86 persen per Kamis (10/12/2020).

Menurut Suroto, keberadaan jalan bebas hambatan di Provinsi Bengkulu ini dinilai mampu mendongrak sektor perekonomian wilayah setempat.

Selain itu, Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu juga akan melancarkan akses pergerakan logistik serta masyarakat di wilayah Lubuk Linggau yang berada di antara Palembang dan Bengkulu.

Selain itu, tol yang terintegrasi dengan pengembangan Pelabuhan Baai ini akan mampu menunjang geliat pariwisata di Bumi Rafflesia.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan, masyarakat hanya memerlukan waktu 1-2 jam perjalanan untuk mencapai Kota Bengkulu melalui tol tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.