Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawaban Promotor soal Banyak Pemegang Tiket Resmi Konser Coldplay Tak Bisa Masuk

Kompas.com - 21/11/2023, 14:19 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Dian Maharani

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Promotor konser Coldplay Jakarta, PK Entertainment, memberikan kronologi terkait banyaknya pemilik tiket resmi yang tidak bisa masuk ke venue konser di GBK, Jakarta, pada Rabu (15/11/2023) malam. 

Co-founder dan COO PK Entertainment Harry menyebut, semua berawal dari ribuan orang yang berusaha masuk, namun memiliki tiket duplikasi atau palsu, sedangkan tiket asli sudah ter-scan oleh pemilik resmi. 

"Jadi itu juga yang kemarin dalam prosesnya sempat membuat delay dari masuknya penonton," ujar Harry saat agenda The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, Senin (20/11/2023). 

Baca juga: 5 Fakta Kasus Penipuan Tiket Konser Coldplay oleh Ghisca Debora Aritonang

Singkat cerita, Harry menyebut pihaknya mulai melihat situasi menjadi tidak kondusif, karena antrean panjang.

Akhirnya, setelah diskusi dengan pihak berwenang dan manajemen, pihak penyelenggara mempersingkat waktu pengecekan dengan visual check, tanpa scan barcode. 

Rupanya, hal tersebut malah membuat semakin banyak berkumpulnya orang-orang yang membeli tiket dari calo, sehingga situasi semakin tidak kondusif.

Kemudian, kata Harry, selanjutnya sempat ada aksi kekerasan fisik yang dilancarkan kepada tim dari ticketing dan tim sekuriti.

Pihaknya pun memutuskan menutup gate sekitar pukul 21.20 WIB. 

Baca juga: Promotor Buka Suara soal Kekacauan di Konser Coldplay

"Pukul 21.20-21.25 WIB akhirnya gate masuk kita tutup sehingga memang ada beberapa orang-orang yang membeli tiket secara resmi melalui yang kita selalu sebut tiket war, akhirnya tidak bisa masuk karena pintu memang sudah kita tutup," terang dia. 

Jadi evaluasi

Lebih lanjut, Harry menyoroti banyaknya tiket palsu dari calo atau secondary ticketing. hal ini katanya menjadi salah satu problem atau tantangan yang paling besar dan paling berat di hari H konser Coldplay.

"Satu orang itu saja sesuai dengan berita yang ada terjual 2.268 tiket hanya dengan bermodalkan 39 tiket," tutur dia. 

Hal tersebutlah, Harry menambahkan, yang menjadi salah satu faktor kegaduhan para penonton tertahan di luar gate masuk. Sehingga, penonton yang memiliki tiket resmi juga kesulitan untuk masuk. 

Baca juga: Momen Rahmania Astrini Dihampiri Chris Martin Sebelum Buka Konser Coldplay

Ia menyebut bahwa kejadian penonton yang tertahan di luar venue menjadi sebuah pembelajaran dan evaluasi ke depannya. 

Pihaknya juga menyebut bahwa sudah melakukan investigasi serta langkah penyelesaian dengan para penonton yang dirugikan.

"Puji Tuhan overall lancar. Pastinya ada tantangan-tantangan yang harus kita hadapi, harus jadi bahan pembelajaran dan evaluasi karena setiap event selalu ada lah challenge yang harus menjadi room for improvement untuk kita semua," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com