Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilih Dapil Kabupaten Bogor, Anang Hermansyah: Aku Punya Kedekatan Emosional

Kompas.com - 26/07/2023, 11:40 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Anang Hermansyah kembali maju sebagai bakal calon legislatif (Caleg) DPR dari Dapil V Jawa Barat. Daerah pemilihan ini meliputi Kabupaten Bogor di Jawa Barat.

Anang sengaja memilih Kabupaten Bogor sebagai dapilnya karena istrinya, Ashanty, berasal dari Bogor.

“Ya istriku kan orang Bogor, Ashanty orang Bogor, ibunya orang Bogor, keluarganya di Bogor, kakeknya punya nama di Auditorium Ibnu Khaldun,” ujar Anang saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/7/2023)

Baca juga: Gabung PDIP, Anang Hermansyah Jadi Bacaleg DPR Dapil Kabupaten Bogor

“Ya pastinya karena aku punya kedekatan emosional meskipun aku bukan orang Bogor, aku orang Jawa Timur, tapi ada emosionalnya dengan istriku, aku merasa oke Bogor nih,” lanjut Anang.

Selain itu, ia juga melihat wilayah tersebut dekat dengan rumahnya yang ada di Cinere, Depok.

Karena jarak yang dekat, Anang merasa bisa lebih cepat menyerap aspirasi dari warga di Kabupaten Bogor.

Baca juga: Kembali Jadi Bacaleg DPR RI, Anang Hermansyah: Iya, Aku Galau

“Bagaimana aku bisa menyerap kebutuhan mereka disampaikan, bagaimana aku bisa memperjuangkan mereka, nyaman aku, bolak balik pun aku mau, tapi kalau bolak balik ke Jember itu aku butuh satu hari,” ucap Anang.

Anang mengatakan, tak hanya akan memperjuangkan industri kreatif ketika duduk di parlemen, ia juga berjanji akan memperjuangkan aspirasi daerah pemilihannya.

“Iya karena tugas DPR itu begitu loh bahwa aku sebagai fungsi pengawasan, fungsi legislasi, dan anggaran bahwa aku tuh harus memperjuangkan konstituen,” ujar Anang.

Baca juga: Siap Jadi Bacaleg DPR, Anang Hermansyah Ingin Perjuangkan Hak Musisi

“Daerah pilihan aku harus perjuangin, gimana aku bisa menyerap aspirasi sedemikian banyak yang pastinya nanti beda dengan apa yang aku lakukan di parlemen dengan aku bicara kreatif industri, masalah pendidikan, masalah jalan, masalah kesehatan, iya aku harus hadir atas kebutuhan publik,” tutur Anang.

Sebelumnya, Anang memilih vakum dari dunia politik usai sempat melenggang ke Senayan sebagai anggota DPR dari Fraksi PAN periode 2014-2019 dan duduk di Komisi X. Anang kala itu maju di Dapil Jawa Timur IV.

Baca juga: Gabung ke PDI-P, Anang Hermansyah: Aku Jatuh Cinta dengan Ganjar Pranowo

Setelah menyudahi jabatannya, Anang tidak lagi mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI tahun 2019-2024.

Anang saat itu memilih untuk fokus pada karier musiknya. Selain alasan ingin kembali bermusik, Anang juga ingin memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com