Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ican Harem Gabber Modus Operandi Minta Maaf soal Kasus Dugaan Kekerasan Seksual

Kompas.com - 06/09/2022, 20:24 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu personel Gabber Modus Operandi (GMO), Ican Harem, akhirnya angkat bicara mengenai dugaan kasus kekerasan seksual yang dilakukannya usai ramai diperbincangkan di media sosial.

Pernyataan Ican Harem diunggah di Instagram pribadinya. Ican Harem meminta maaf kepada terduga korban.

“Pertama, saya meminta maaf sebesar-besarnya kepada pihak yang terdampak atas perlakuan saya yang tidak berkenan kepada X," tulis Ican Harem mengawali pernyataannya dikutip Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Ican Harem kemudian menjelaskan beberapa hal terkait dugaan kekerasan seksual yang dituduhkan padanya.

Baca juga: Lewat Ruang Arumanis, Ruth Marini Suarakan Isu Kekerasan Seksual

Ia mengaku tak ada niatnya menyakiti terduga korban.

"Pada kejadian di tahun 2019 lalu yang saya pahami, terjadi tanpa unsur pemaksaan, tekanan, atau tindakan intimidatif, meskipun saya dan X tidak dalam kapasitas yang baik untuk memutuskan tindakan yang kami lakukan," tulis Ican.

"Namun tidak ada niat saya untuk menyakiti orang lain dan menimbulkan dampak di kemudian hari. Secara tulus sekali lagi saya meminta maaf," lanjut Ican.

Diakui Ican, saat kasus ini mencuat ke publik ia sangat bingung, khawatir, dan frustasi. Ican kemudisn mencoba menangani kasus tersebut seorang diri.

Baca juga: Krisdayanti Bersyukur UU TPKS Disahkan: Semoga Mengurangi Kasus Kekerasan Seksual

Namun, Ican menyadari bahwa ia minim kapasitas terkait isu gender yang bisa membuat situasi malah makin memburuk bagi siapapun yang terlibat atau terdampak dalam peristiwa tersebut.

“Setelah saya mencoba menghubungi dan tidak ada respons, akhirnya saya melakukan konsultasi dengan ahli yang profesional di bidangnya dan saya memutuskan untuk mundur dan mendengarkan," tulis Ican Harem.

Ican kemudian menjelaskan alasannya baru memberi pernyataan. Sebenarnya, kata Ican, ia ingin kebenaran tersebut diungkap oleh terduga korban.

"Saya ingin kebenaran pertama kali hadir dari orang yang terdampak (X) dan bukan dari saya, karena saya juga menyadari posisi saya sebagai laki-laki lebih diuntungkan dalam situasi seperti ini. Hal inilah yang mendasari mengapa saya tidak berbicara apapun selama beberapa minggu ini," tulis Ican.

Baca juga: VOB Akui Pernah Alami Kekerasan Seksual

Ican mengaku menyesal dengan apa yang dilakukannya di masa lalu. Ia pun selalu berupaya untuk selalu memperbaiki diri.

“Saya menyesali dampak yang diakibatkan oleh perbuatan saya di masa lalu. Saya bertekad sungguh-sungguh memperbaiki diri, terutama untuk memahami lingkung kekerasan seksual dan bentuk kekerasan lainnya,” tulis Ican.

Sebelum Ican Harem, Gabber Modus Operandi terlebih dahulu sudah mengeluarkan pernyataannya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com