Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2020, 11:14 WIB
Rintan Puspita Sari,
Dian Maharani

Tim Redaksi

Sumber Soompi

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah ramai dicurigai tesisnya merupakan hasil plagiat, penyanyi Hong Jin Young akhirnya merilis permintaan maaf dan mengakui tudingan tersebut.

Permintaan maaf itu dikeluarkan setelah Chosun University sampai pada kesimpulan sementara tentang adanya plagiarisme dalam tesis Hong Jin Young.

"Di hari saya membuat comeback dengan lagu baru, sebuah kabar muncul tentang plagiarisme tesis. Saya begitu takut tentang apa yang harus saya katakan dan pikiran saya menjadi kosong," tulis Hong Jin Young di awal pernyataannya yang diunggah di media sosial.

Kemudian dia memberi klarifikasi terkait ucapan-ucapannya dulu di awal kasus plagiarisme ini muncul.

Seperti ketika dia mengatakan kalau profesornya mengatakan tidak ada masalah, dan tidak akan mengajar dengan gelar tersebut.

Baca juga: Hong Jin Young Dituding Plagiat Tesis, Agensi Angkat Bicara

"Itu karena saya takut semua hal dalam hidup saya sejauh ini akan tampak seperti kebohongan," tulisnya lagi.

Hong Jin Young sadar kalau apa yang dilakukannya selama ini dengan sibuk membuat alasan adalah hal yang salah. Karena seharusnya dia merefleksikan diri dan meminta maaf.

Akhirnya, dia menyampaikan permintaan maaf dan menerima kesimpulan dari Chosun University serta mengakui segala yang dituduhkan terkait tesisnya.

"Saya akan menerima kesimpulan sementara Chosun University tentang plagiarisme dan saya sangat menyesalinya. Saya juga bertindak sangat tidak hormat pada orang yang bahkan sekarang bekerja siang dan malam untuk tesis master dan doktoralnya. Saya minta maaf. Saya mengakui semuanya dan saya akan merefleksikan diri," tulis Hong Jin Young di akun Instagram @sambahong.

Baca juga: Gelar Master Hong Jin Young Terancam Dicabut, Keputusannya 23 Desember

Sebagai informasi, Hong Jin Young mendapat gelar Bachelor of Commerce, Master of Trade dan Ph.D di Administrasi Bisnis dari Chosun University.

Ketika tudingan itu pertama kali muncul, pihak agensi sempat membantah. Tapi saat tudingan semakin meluas, Hong mengeluarkan pernyataan tentang usaha yang dilakukan untuk membuat tesisnya.

Tanggal 15 Desember, Komite Integritas Penelitian di bawah komite etik Chosun University membuat keputusan sementara plagiarisme terhadap tesis master Hong Jin Young.

Mereka mengirimkannya ke Komite Kelulusan Sekolah, dan memberi Hong Jin Young waktu hingga 18 Desember 2020 pukul 05.00 pm KST untuk memberi penjelasan.

Komite seharusnya membuat keputusan akhir apakah tesis itu plagiarisme atau bukan tanggal 23 Desember 2020.

Sehingga jika pernyataan tersebut secara resmi menentukan dia melakukan plagiat, lantas dua gelarnya master dan doktoral otomatis akan dibatalkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Soompi
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com