Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Gaya dan Penempatan Cermin di Kamar Tidur

Kompas.com - 11/05/2024, 12:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan kamar tidur akan terasa lengkap jika ada cermin di dalamnya. Namun, cermin yang digunakan harus menarik dan serasi dengan gaya dekorasi ruangan. 

Selain membuat ruangan lebih cantik, cermin yang diletakkan di kamar tidur juga membuat ruangan terasa lebih dan luas.

Baca juga: Panduan Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Akan tetapi, jika ingin meletakkan cermin di kamar tidur, Adnan Anwar, pendiri Adnan Anwar Design, menyarankan untuk tidak menggunakan cermin lebih dari dua dalam satu kamar. 

Sebagai salah satu ornamen dekorasi, cermin juga memiliki berbagai gaya yang bisa disesuaikan dengan konsep interior kamar tidur. 

Dikutip dari The Spruce, Sabtu (11/5/2024), berikut berapa ide gaya dan penempatan cermin di kamar tidur yang membuat ruangan terasa lebih luas.

Gantungkan cermin di setiap meja tempat tidur

Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi kamar tidur, cermin di kamar tidur.

Ruang sempit di samping tempat tidur bisa dimanfaatkan untuk meletakkan meja kecil dan cermin. Menggantung cermin di area tersebut bisa membuat ruangan terlihat lebih terang karena cermin bisa memantulkan cahaya dari jendela dan lampu kamar. 

Baca juga: 4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggantung Cermin di Dinding

Selain membuat ruangan lebih terang, cermin yang digantung di dekat meja tempat tidur juga membuat sudut kamar tidur terlihat lebih cantik.

Gantung cermin di atas tempat tidur

Berikutnya, ide gaya dan penempatan cermin di kamar tidur yaitu menggantung cermin di atas tempat tidur. Ruang kosong di atas tempat tidur bisa membuat kamar terlihat membosankan. 

Maka dari itu, area tersebut perlu dihias, salah satunya dengan menggantungkan cermin. Selain mengisi ruang kosong, cermin yang digantung di atas tempat tidur juga bisa menjadi titik fokus di ruangan tersebut. 

Baca juga: 6 Ide Mendekorasi Dinding di Atas Tempat Tidur

Sandarkan cermin persegi panjang

Cermin besar berbentuk persegi panjang juga bisa digunakan untuk menghias kamar tidur. Cermin berbentuk persegi tersebut bisa disandarkan di dinding dekat tempat tidur.

Selain dapat mempercantik ruangan, cermin tersebut juga bisa dimanfaatkan saat berhias atau saat mencoba pakaian.

Pajang cermin panjang di dinding

Selain disandarkan di dinding, cermin panjang juga bisa digantung atau dipajang di dinding. Cermin tersebut bisa digantung pada paku atau pengait. 

Cermin lebar bisa memaksimalkan pencahayaan di dalam ruangan, sehingga membuat kamar tidur terasa lebih terang dan luas.

Baca juga: 7 Tempat Terbaik untuk Menggantung Cermin di Rumah

Pasang cermin di atas meja rias

cermin di meja riasShutterstock/New Africa cermin di meja rias

Cermin tak hanya bisa dipasang di atas tempat tidur, namun juga bisa dipajang di atas meja rias. Anwar mengatakan ide cermin ini memberikan kesan klasik. 

Jangan ragu untuk memadukan cermin dengan lampu, baki, dan aksesori lainnya untuk menambah kesan estetik di area tersebut.

Pilih gaya vintage

Terakhir, ide gaya cermin di kamar tidur yaitu cermin bergaya vintage. Contohnya, cermin dengan bingkai kayu ukiran yang indah. 

Cermin vintage membuat ruangan terlihat lebih estetik. Tak hanya itu, cermin vintage tersebut bisa menjadi daya tarik dan titik fokus ruangan yang menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com