Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2024, 10:47 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Dodo

JAKARTA, KOMPAS.com - Mandi menjadi hal yang tidak diinginkan banyak kucing dan pemiliknya. 

Pasalnya, mandi merupakan hal yang menakutkan bagi kucing. Kucing bisa ketakutan, kabur, dan lari terbirit-birit ketika tiba waktu mandi dan melihat air.  

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Penyebab Kucing Takut Air

Begitu pun, pemilik kucing bisa mendapatkan cakaran di tubuh dari sahabat bulu. 

LeeAnna Buis, konsultan pelatihan dan perilaku kucing di Feline Behavior Solutions—perusahaan jasa konsultasi pelatihan dan perilaku kucing di Amerika Serikat—mengatakan kucing memiliki insting alami untuk melindungi diri dari hal-hal yang dianggap ancaman atau tidak diketahui, termasuk air.

Kucing takut air sudah menjadi rahasia umum dan bukan tanpa alasan, walau tidak semua kucing takut air.

Kucing menganggap air adalah sesuatu yang mengganggu, bahkan mengancamnya. Tak heran, kucing akan menghindari air atau mandi dengan cara apapun. 

Dikutip dari The Dodo, Rabu (22/4/2024), berikut sejumlah penyebab kucing takut air

Baca juga: Penyebab Kucing Menggigit Pemiliknya dan Cara Mengatasinya

Bulu yang basah terasa berat bagi kucing 

Alasan kucing membenci air.iStockphoto/fotoedu Alasan kucing membenci air.
Saat kucing mandi atau tercebur di kolam air, otomatis bulu kucing akan basah dan menjadi lebih berat sehingga membuat kucing merasa tidak nyaman.  Bulu yang berat inilah yang membuat kucing takut air. 

Bulu kucing bisa menjadi sangat berat saat terkena air dan membutuhkan waktu lama untuk mengering dan mempengaruhi suhu tubuhnya,” kata Buis.

Selain itu, di alam liar, bulu yang basah bisa membuat kucing sulit bergerak dan melarikan diri dari bahaya atau predator. 

Meski di lingkungan rumahnya tidak ada ancaman predator, kucing secara naluriah tetap merasa terancam dalam situasi seperti itu. 

Selain itu, bulu kucing memiliki lapisan pelindung yang menjaga tubuhnya tetap kering dan hangat. Ketika bulu basah, hal ini dapat membuat kucing merasa tidak nyaman, kedinginan, serta membuatnya cemas. 

Baca juga: Ingin Mengadopsi Kucing Liar? Perhatikan 3 Hal Ini Dulu

Membuat bulunya berantakan

Selanjutnya, penyebab kucing takut air karena bisa membuat bulunya berantakan. Kucing memiliki kebiasaan yang sangat rapi dan menghabiskan sebagian besar waktunya, sekitar 30 hingga 50 persen, untuk membersihkan serta merapikan bulu dengan cara menjilatnya.

“Jika bulu kucing basah dan berantakan, sulit baginya untuk merapikannya dan membutuhkan perawatan ekstra untuk menghilangkan kelembaban,” ucap Buis.

Naluri alami kucing

Nenek moyang kucing hidup di lingkungan kering dan jarang berinteraksi dengan air sehingga kebiasaannya terhadap air kurang terlatih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com