Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2024, 08:58 WIB
Bella Nurmaya Putri,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Catster

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing peliharaan suka memperlihatkan berbagai tingkah lucu yang membuat pemiliknya tertawa dan bertanya-tanya, seperti bersembunyi di tempat yang tak biasa, di antaranya di dalam kotak atau kantung belanja. 

Menurut Dr. Vanessa Spano, dokter hewan di Behavior Vets, New York, Amerika Serikat, kucing senang berada di tempat yang memberikannya kehangatan, rasa aman, sertaperlindungan dari ancaman dan gangguan di sekitarnya. 

Baca juga: Penyebab Kucing Menggigit Pemiliknya dan Cara Mengatasinya

Kucing juga suka berada di lingkungan yang kurang stimulasi untuk membantu mengurangi stres dan memberikan waktu istirahat yang tenang.

Namun, ada kalanya kucing bersembunyi karena merasa takut pada sesuatu atau seseorang di sekitarnya.

“Kucing yang cenderung ketakutan dan bersembunyi mungkin memiliki masalah perilaku yang berasal dari faktor genetik atau pengalaman sosialisasi yang traumatis atau tidak memadai,” kata Spano.

Dilansir dari Catster, Selasa, (22/4/2024), berikut sejumlah alasan kucing suka bersembunyi

Baca juga: 5 Cara Menjauhkan Kucing dari Taman

Naluri alami kucing

Ilustrasi kucing sedangn mengalami trauma.iStockphoto/Rawpixel Ilustrasi kucing sedangn mengalami trauma.
Kucing memiliki naluri berburu yang kuat dan suka bersembunyi untuk menunggu mangsa atau bersenang-senang.

Nenek moyang kucing biasanya berpetualang di hutan untuk berburu tikus dan hewan kecil lainnya. Namun, kucing peliharaan atau rumahan mungkin mengintai mainan kucing di lantai atau jari kaki Anda.

Biasanya, kucing bersembunyi di tempat-tempat yang menurutnya strategis, seperti di bawah meja, balik kursi, di dalam kotak atau kantong belanja, hingga di balik selimut untuk mengintai apa pun yang bergerak di sekitarnya. 

Jadi, jika Anda melihat kucing peliharaan keluar masuk dari tempat persembunyiannya, mungkin saja kucing sedang bermain atau mengintai sesuatu dengan penuh perhatian. 

Baca juga: 5 Alasan Kucing Liar Selalu Datang ke Halaman Rumah

Ingin mencari ketenangan 

Selanjutnya, alasan kucing suka bersembunyi adalah ingin mencari ketenangan.

Kucing biasanya senang tidur pada siang hari. Saat ada gangguan di waktu istirahat, kucing akan bangun dan merespons, seperti di alam liar.

Namun, sering kali ada gangguan terus-meneru,  seperti manusia yang mengajaknya bermain atau aktivitas berlebihan di sekitarnya.

Untuk menghindarinya, kucing bersembunyi dan memilih tempat tidur yang sepi dan gelap agar tidak terus-menerus diganggu.

Kucing sering mencari tempat tidur yang terpencil, seperti di bawah tempat tidur. Hal ini tidak berarti kucing tidak menyukai Anda atau orang lain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com