Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Tanaman Pendamping Bawang Merah yang Bisa Tumbuh bersama

Kompas.com - 21/04/2024, 16:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bawang merah merupakan salah satu tanaman hortikultura yang banyak tumbuh di Indonesia. Hasil panen bawang merah banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masak yang membuat cita rasa makanan semakin nikmat. 

Banyak merah bisa dibudidayakan secara monokultur atau tumpangsari. Budidaya bawang merah tumpangsari memiliki keunggulan tersendiri, salah satunya bisa menghasilkan tanaman lain dari satu lahan yang sama. 

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Bawang Merah di Kebun

Sebab bawang merah yang ditanam secara tumpangsari bisa ditanam bersama dengan tanaman lain. Namun, tak semua jenis tanaman bisa ditanam bersama bawang merah. 

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (21/4/2024), berikut beberapa jenis tanaman pendamping bawang merah yang bisa tumbuh bersama dengan sehat dan produktif. 

Paprika

Tanaman paprikaPixabay/JillWellington Tanaman paprika

Paprika dan bawang merah cocok ditanam di lahan yang sama. Aroma bawang yang kuat bisa mencegah serangan hama yang menyerang paprika. 

Tanaman paprika juga tumbuh lebih tinggi dibandingkan bawang merah, sehingga dapat menyisakan banyak ruang bagi bawah. 

Baca juga: Tips Menanam Paprika di Musim Hujan

Tomat

Selain paprika, tomat juga termasuk tanaman pendamping bawang merah yang bisa tumbuh bersamaan. Jika ditanam bersamaan, bawang merah akan mencegah serangan hama pada tomat. 

Sementara itu, daun tomat yang cukup lebar bisa melindungi tanah di sekitar bawang merah dan mencegah tanah cepat kering. 

Bawang daun

Budidaya tanaman yang masih satu famili sebenarnya tidak dianjurkan karena rentan terhadap serangan hama dan penyakit yang sama. 

Akan tetapi, karena bawang daun dan bawang merah secara alami bisa mengusir sebagian besar hama, maka kedua tanaman ini dapat ditanam bersamaan. 

Dua tanaman ini juga membutuhkan syarat tumbuh yang sama, sehingga menanam di lahan yang sama bisa mempermudah perawatan tanaman. 

Baca juga: Cara Menanam Daun Bawang di Polybag, Bisa di Halaman Rumah

Chamomile

ilustrasi tanaman chamomileShutterstock/nwwn ilustrasi tanaman chamomile

Chamomile merupakan bunga kecil yang mirip seperti aster. Biasanya banyak dimanfaatkan sebagai teh herbal. 

Saat ditanam bersama dengan bawang merah, chamomile dipercaya bisa meningkatkan rasa dan pertumbuhan umbi bawang merah. Chamomile juga sangat mudah ditanam dari biji dan dapat tumbuh di lahan sempit. 

Itulah beberapa jenis tanaman pendamping bawang merah. Meski bisa tumbuh bersamaan, namun dua tanaman yang dibudidayakan dalam satu lahan yang sama bisa membutuhkan syarat tumbuh yang berbeda. 

Jadi, pastikan untuk mempelajari syarat tumbuh dan perawatan tanaman sebelum membudidayakan secara tumpangsari. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com