Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah Hewan Peliharaan Eksotis yang Bisa Dirawat di Ruangan Kecil

Kompas.com - 27/03/2024, 12:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika ingin memelihara hewan di rumah, namun merasa tidak memiliki tempat khusus, maka cobalah untuk memelihara hewan eksotis yang bisa hidup di ruangan sempit.

Hewan eksotis adalah hewan liar yang bisa dipelihara dan ada juga yang mengatakan hewan eksotis sebagai hewan peliharaan yang tidak biasa.

Hewan eksotis jenisnya sangat banyak, sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan. Jika memiliki ruangan kecil, maka sebaiknya pilih hewan yang ukurannya kecil.

Baca juga: 6 Hewan Eksotis yang Cocok Dipelihara di Rumah Kecil

Meski ukuran tubuhnya kecil, bukan berarti hewan tersebut tidak memerlukan perawatan khusus. Banyak hewan peliharaan eksotis yang justru membutuhkan perawatan ekstra. 

Dilansir dari The Spruce Pets, Rabu (27/3/2024), berikut ini beberapa pilihan hewan peliharaan eksotis yang dapat dirawat di ruangan kecil

Kelomang

ilustrasi kelomangShutterstock/Seth Yarkony ilustrasi kelomang

Kelomang termasuk hewan peliharaan eksotis yang tidak membutuhkan banyak tempat. Hewan laut ini memiliki tubuh sedang hingga kecil yang membuatnya bisa hidup di ruang yang terbatas. 

Baca juga: 5 Hewan Eksotis yang Cocok Dipelihara di Apartemen

Cara agar kelomang tetap hidup dengan nyaman yaitu dengan menjaga suhu di angka 22 hingga 27 derajat Celcius. 

Selain itu, sebaiknya pelihara kelomang sepasang karena hewan ini memiliki sifat sosial yang tinggi. Dengan memelihara sepasang, maka kelomang tidak mudah bosan dan stres. 

Tarantula

Tarantula juga tergolong sebagai hewan peliharaan eksotis yang bisa dirawat di ruangan sempit. Hewan ini memiliki penampilan menyerupai laba-laba, namun lebih menyeramkan. 

Meski demikian, banyak orang tertarik memelihara tarantula karena perawatannya mudah. Untuk merawat tarantula, sediakan kandang yang ukurannya tiga kali dari panjang kakinya dan dua kali lebih lebar dari rentang kakinya. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Hewan Peliharaan di Rumah yang Memiliki Anak Kecil

Hamster

Hamster termasuk hewan peliharaan berukuran kecil yang cocok dirawat di ruangan kecil. Ukuran kandang hewan ini hanya sekitar satu meter persegi. 

Dalam kandang hamster, letakkan roda putar agar hamster bisa bermain sekaligus berolahraga di dalam kandang. 

Selain bermain di dalam kandang, hamster juga perlu bermain di luar kandang. Pastikan untuk mengawasi hamster selama berada di luar kandang. 

Baca juga: 10 Fakta Unik Tentang Hamster, Tertarik Memeliharanya?

Tokek rumah

Ilustrasi tokek. SHUTTERSTOCK/MARUT SAYANNIKROTH Ilustrasi tokek.

Tokek rumah merupakan reptil yang bisa dipelihara di ruangan sempit. Biasanya, tokek ditempatkan di dalam akuarium tembus pandang, sehingga bisa dilihat kapan saja. 

Selain tokek rumah, tokek macan tutul juga sering dirawat sebagai hewan peliharaan di rumah. Perawatan hewan eksotis ini relatif mudah, sehingga para pemula bisa mencoba memeliharanya di rumah. 

Itulah beberapa hewan peliharaan eksotis yang bisa dirawat di ruangan kecil. Meski bisa hidup di area sempit, hewan tersebut tetap memerlukan perawatan khusus agar bisa terus hidup dan berkembang seperti saat berada di habitat aslinya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com