Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Aman Berlibur Sambil Bawa Hewan Peliharaan? Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 24/12/2023, 16:32 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jelang Natal dan tahun baru 2024, berlibur bisa menjadi rencana tepat. Menghabiskan waktu libur sambil bepergian bersama hewan peliharaan juga dapat menjadi pengalaman seru. 

Namun, sebelum merencanakan perjalanan, berlibur bersama hewan peliharaan membutuhkan sejumlah persiapan matang.

"Tips aman berlibur kalau mau bawa hewan, sama sebenarnya dengan kalau kita mau menitipkan di petshop atau klinik. Pertama, perhatikan kondisi kesehatan, seperti salah satunya vaksin," ujar drh Felix Kurniadi, praktisi hewan kecil di salah satu rumah sakit hewan di Jakarta Selatan, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (22/12/2023). 

Baca juga: Ide Mendekorasi Rumah Ramah Hewan Peliharaan

Aspek kesehatan menjadi pertimbangan penting untuk memastikan kenyamanan, keamanan, serta kebahagiaan "anak bulu" atau anabul selama di perjalanan.

"Perbedaannya dengan dititipkan ke petshop, pastiin hewan selalu berada dalam pengawasan kita," imbuh Felix. 

Pastikan Keamanan Hewan Peliharaan

Selain aspek kesehatan, pengawasan menurut Felix juga sangat penting diperhatikan untuk memastikan keamanan hewan peliharaan selama berlibur. 

"Kalau bisa selalu pakaikan leash kalau anjing, atau untuk kucing biasanya sekarang sudah ada harness-nya jadi bisa dipakaikan tali juga," tutur dia. 

Selanjutnya, Felix menyarankan untuk selalu memerhatikan lingkungan baru. Bisa saja ada kucing atau anjing liar yang dikhawatirkan menularkan sejumlah penyakit. 

"Makanya ini kenapa vaksinasi di awal jadi penting, apalagi kalau mau diajak ke luar kota. Tapi utamanya vaksinasi dan kondisi hewan terpantau oleh kita," terang Felix. 

Komunitas Dog Lover saat menggelar kampanye cinta anabul di Taman Semanggi, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2022). Tujuan kampanye itu, komunitas Dog Lover ingin mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa hewan peliharaan tidak perlu dilarang saat gelaran Car Free Day (CFD) di Jakarta. KOMPAS.com/JOY ANDRE T Komunitas Dog Lover saat menggelar kampanye cinta anabul di Taman Semanggi, Jakarta Pusat, Minggu (27/11/2022). Tujuan kampanye itu, komunitas Dog Lover ingin mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa hewan peliharaan tidak perlu dilarang saat gelaran Car Free Day (CFD) di Jakarta.

Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang harus diperhatikan. Melansir dari Vetenirary Emergency Group, pastikan kamu sudah memiliki tempat yang sesuai dan aman untuk hewan.

Pastikan tempat berukuran cukup besar sehingga hewan bisa berdiri atau duduk dengan nyaman. Pastikan juga tempat tersebut bisa dibawa dengan perjalanan darat ataupun udara. Sebab, sejumlah maskapai punya ketentuannya masing-masing. 

Beberapa hotel atau akomodasi juga memiliki kebijakan dan peraturan khusus terkait hewan peliharaan. Jadi, jangan lupa untuk mengumpulkan semua informasi yang diperlukan sebelumnya.

Baca juga: Ajak Anjing Jalan-jalan, Lebih Baik Pakai Kalung atau Harness?

Selain itu, perhatikan semua perlengkapan hewan peliharaanmu. Dikutip dari Bustle, jangan lupa jika kamu harus mengemas perlengkapan hewanmu juga. 

"Kemasilah hewan peliharaan Anda dan juga diri Anda sendiri jika Anda akan bepergian bersama," saran Dr. Daniel Edge, Direktur Operasi Khusus Hewan untuk Zoetis, seperti dikutip dari Bustle.

Perlengkapan tersebut di antaranya:

  • makanan
  • obat-obatan hewan peliharaan
  • dokumen penting seperti catatan medis
  • sertifikat kesehatan hewan
  • kandang stroller
  • mainan
  • air minum
  • tali kekang
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com