Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel Tanpa Tergores

Kompas.com - 05/02/2024, 16:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wastafel stainless steel merupakan salah satu jenis wastafel yang banyak digunakan. Material stainless steel banyak disukai karena tahan karat dan wet.

Meski demikian, wastafel stainless steel tetap bisa kotor. Seiring bertambahnya waktu pakai, kerak kapur juga akan menumpuk di area wastafel tersebut.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel agar Tetap Berkilau

Kerak kapur membuat wastafel terlihat kusam dan kurang menarik. Untuk mencegah masalah tersebut, maka wastafel stainless steel perlu rutin dibersihkan.

Namun, proses pembersihan harus dilakukan dengan benar agar tidak tergores. Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (5/2/2024), berikut cara membersihkan wastafel stainless steel dengan benar agar tidak tergores.

Bilas wastafel dengan air

Ilustrasi membilas wastafel dengan air.Shutterstock/sdf_qwe Ilustrasi membilas wastafel dengan air.

Sebelum dibersihkan, wastafel stainless steel perlu dibilas dengan air terlebih dahulu. Dengan menyiramkan air ke wastafel, maka wastafel akan bebas dari sisa makanan maupun noda-noda lain.

Selain membuat wastafel bersih, membilas wastafel juga mencegah goresan pada wastafel stainless steel saat dibersihkan.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Wastafel Stainless Steel

Siapkan spons dan sabun cuci piring

Wastafel stainless steel sebaiknya dibersihkan menggunakan spons anti gores. Lucy Searle, pemimpin redaksi global Homes & Gardens menyarankan untuk tidak menggunakan spons kawat atau spons dari bahan abrasif saat membersihkan wastafel stainless steel.

Sebab, bahan abrasif akan membuat wastafel tergores. Selain itu, Lucy juga menyarankan untuk menggunakan sabun cuci piring agar wastafel kembali berkilau.

Cara membersihkan wastafel stainless steel dengan sabun cuci piring cukup dengan mengoleskan sabun cuci piring ke permukaan wastafel. Lalu, gunakan spons untuk menggosok wastafel, kemudian bilas sampai bersih.

Jika tidak menggunakan sabun cuci piring, maka pembersih serbaguna bisa menjadi pilihan alternatif. Namun, pastikan bahan pembersih tersebut cocok untuk material stainless steel.

Baca juga: 4 Tips Mencegah Wastafel Stainless Steel Berkarat

Bersihkan noda yang membandel

Ilustrasi wastafel dapur.Shutterstock/David Papazian Ilustrasi wastafel dapur.

Apabila sabun cuci piring dan bahan pembersih khusus tidak bisa membersihkan noda di wastafel stainless steel, maka soda kue bisa menjadi solusinya. Tabukan soda kue di wastafel basah.

Selanjutnya, gunakan kain anti gores atau spons untuk menghilangkan noda tersebut. Ikuti alur atau tekstur di permukaan wastafel tersebut dan bilas sampai bersih.

Hilangkan kerak kapur dari wastafel stainless steel

JIka terdapat endapan kerak kapur di wastafel stainless steel, maka gunakanlah cuka untuk menghilangkan noda tersebut. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1.

Semprotkan larutan tersebut dan biarkan selama satu atau dua menit. Lalu, bersihkan dan bilas. Jangan biarkan larutan menempel di permukaan wastafel terlalu lama karena bisa merusak material stainless steel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com