Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menanam Lemon dari Biji, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 31/01/2024, 10:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon memiliki sejumlah manfaat, dari membersihkan rumah, mencerahkan pakaian putih, hingga diolah dalam berbagai makanan dan minuman. 

Tak heran, lemon banyak ditanam oleh pekebun rumahan untuk dapat memanfaatkannya kapa saja saat dibutuhkan. 

Baca juga: Cara Menanam Lemon dari Biji dengan Mudah

Selain itu, lemon dapat menjadi tanaman pot yang menonjol dengan daun hijau tua berkilau, bunga harum luar biasa, dan buah matang berwarna kuning cerah.

Menanam lemon mudah dilakukan dengan mangambil dari bijinya dan posesnya cukup sederhana. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Rabu (31/1/2024), berikut cara menanam lemon dari biji dan tips merawat bibit baru. 

Cara menanam lemon dari biji 

Ilustrasi pohon lemon.Shutterstock/IgorZh Ilustrasi pohon lemon.
Menanam lemon dari biji adalah proyek mudah yang bisa dilakukan siapap un. Karena banyak jenis jeruk yang merupakan hibrida, perlu diingat bibitnya kemungkinan besar akan berbeda dari pohon induknya, dengan kemungkinan kebiasaan pertumbuhan, warna, dan rasa yang berbeda.

Namun, hal yang tidak diketahui adalah bagian yang menyenangkan. Berikut cara menanam lemon dari biji

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Lemon Anti Ribet

  • Pilih lemon 

Langkah pertama menanam lemon dari biji adalah memilih jenis lemon yang ingin ditanam. Belilah lemon di pasar, pilih lemon yang tampilannya utuh, matang, dan bebas noda, luka, dan memar, yang menandakan pembusukan bagian dalam.

  • Buang dan bilas bijinya 

Keluarkan biji dari lemon dengan hati-hati. Daripada memotong lemon, kupas seperti jeruk agar tidak menusuk beberapa biji yang ada.

Biji jeruk memiliki kulit luar biji yang keras, tapi mudah diiris dengan pisau atau perkakas lainnya. Dengan menggunakan tangan, belah masing-masing irisan, buang bijinya, dan masukkan ke dalam secangkir air.

Bilas benih dan letakkan di atas handuk hingga kering sebelum ditanam. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Cat dari Lantai Kayu dengan Lemon

  • Tanam benihnya 

Ilustrasi tanaman lemon.Shutterstock/Ivan Semenovych Ilustrasi tanaman lemon.
Selanjutnya, cara menanam lemon dari biji adalah menanm benihnya. Isi baki benih atau pot plastik kecil—plastik menampung lebih banyak kelembapan daripada tanah liat—dengan tanah pot standar dan sedikit air sehingga tanah menjadi lembap, tetapi tidak basah kuyup.

Gunakan jari telunjuk atau pensil untuk membuat lubang sedalam kira-kira satu sentimeter dan letakkan satu benih di setiap lubang. Tutupi benih dengan tanah serta siram perlahan tanpa mengganggu benih.

  • Pilih lokasi yang hangat dan cukup terang 

Tempatkan benih yang ditanam di tempat hangat, cukup terang, dan jaga tanah tetap lembap setiap saat. Menambahkan alas pemanas hortikultura dan lampu tanam akan membantu bibit berkecambah serta tumbuh dengan cepat. 

Baca juga: 10 Benda di Dapur yang Bisa Dibersihkan Pakai Lemon dan Caranya

  • Pindahkan bibit 

Terakhir, cara menanam lemon dari biji adalah memindahkan bibit. Setelah bibit menghasilkan daun ketiga, pindahkan bibit ke wadah yang lebih besar agar akarnya dapat melebar dan tumbuh lebih sedikit batasan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com