Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/01/2024, 21:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber LivSpace


JAKARTA, KOMPAS.com - Taman yang bersih membuat rumah terlihat lebih menarik. Taman yang bersih dan rapi juga akan membuat tanaman hias tumbuh dengan sehat dan optimal.

Selain itu, taman bersih juga bisa menghindari persebaran penyakit akibat tumpukan sampah dan kotoran di taman rumah.

Untuk menjaga kebersihan taman sebenarnya tidak sulit. Dikutip dari Livspace, Senin (8/1/2024), berikut ini tips menjaga kebersihan taman dengan mudah.

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Taman yang Membuat Rumah Lebih Menarik

Singkirkan gulma

Ilustrasi pengendalian gulma di tamanShutterstock/Kostenko Maxim Ilustrasi pengendalian gulma di taman

Gulma adalah tanaman yang pertumbuhannya bisa mengganggu tanaman yang dibudidayakan. Gulma dapat membuat pertumbuhan tanaman lain terganggu.

Maka dari itu, dianjurkan untuk membuang gulma yang tumbuh ditaman. Pengendalian gulma bisa dikendalikan secara manual dengan mencabut satu persatu atau menggunakan herbisida.

Memangkas daun kering

Tips menjaga kebersihan taman lainnya yaitu memangkas daun yang kering. Dengan memangkas daun kering, maka pertumbuhan tanaman menjadi maksimal.

Selain itu, pemangkasan daun kering juga membuat tanaman hias terlihat lebih cantik dan menarik.

Baca juga: 5 Kesalahan Memangkas Tanaman yang Dapat Merusak

Membersihkan daun

Daun tanaman hias perlu rutin dibersihkan agar tidak berdebu. Selain membuat tanaman hias terlihat lebih cantik, daun yang bersih juga membuat fotosintesis lebih lancar.

Untuk membersihkan daun, gunakan lap halus yang sudah dibasahi dengan air. Lalu, bersihkan secara perlahan agar daun tidak rusak.

Bersihkan furnitur taman

Jika di taman terdapat furnitur seperti meja dan kursi, maka dianjurkan untuk rutin membersihkan furnitur tersebut. Gunakan selang untuk menghilangkan tanah dan kotoran yang menempel.

Apabila masih ada noda yang menempel, gunakan spons untuk menggosok noda agar hilang. Jika furnitur di taman mulai rusak, sebaiknya segera perbaiki atau ganti dengan yang baru agar taman terlihat tetap cantik.

Baca juga: 6 Tips Menjaga Furnitur Luar Ruangan Agar Tetap Awet

Atur ulang tanaman

Ilustrasi merepotting tanaman.Shutterstock/Ostanina Anna Ilustrasi merepotting tanaman.

Tata letak tanaman perlu diatur secantik mungkin agar terlihat menarik. Tata letak perlu diatur ulang agar tampilan taman tidak terlihat membosankan.

Selain itu, tanaman yang tumbuh di pot pecah atau rusak, maka sebaiknya segera dipindahkan ke pot baru agar tanaman tetap tumbuh dengan baik.

Bersihkan pagar taman

Jika tanaman ditutup dengan pagar, maka sangat dianjurkan untuk membersihkan pagar tersebut dengan rutin.

Selain membuat taman lebih cantik, membersihkan pagar juga bisa membuat pagar lebih awet.

Jika pagar terbuat dari besi, maka tidak ada salahnya untuk melapisi dengan cat atau lapisan khusus yang melindungi pagar dari karat.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Tumbuh di Pagar Rumah

Nah, itulah beberapa tips menjaga kebersihan taman. Bersihkan taman dengan rutin agar tampilannya tetap cantik dan menarik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com