Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Area dan Benda yang Sering Terlupakan Saat Membersihkan Rumah

Kompas.com - 08/01/2024, 08:43 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan rumah, seperti menyapu dan mengepel lantai serta membereskan barang-barang, menjadi tugas penting untuk menjaga hunian tetap bersih serta rapi.

Ketika masuk ke sebuah ruangan, biasanya mudah melihat apa yang perlu dibersihkan. Misalnya, setumpuk cucian kotor di kamar mandi dan wastafel dapur yang penuh piring serta peralatan masak yang kotor. 

Baca juga: 5 Aturan Membersihkan Kamar Mandi tanpa Jendela

Namun, setelah hal-hal yang terlihat jelas sudah dibersihkan, apakah Anda memperhatikan bagian ruangan lainnya? 

Nyatanya, ada sejumlah area dan benda yang sering terlupakan saat membersihkan rumah, sementara yang lain mendapat perhatian lebih.

Nah, dilansir dari The Spruce, Senin (8/10/2023), berikut tujuh area dan benda yang sering terlupakan saat membersihkan rumah.

Bagian bawah furnitur 

Ilustrasi furnitur di rumah kecilSHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi furnitur di rumah kecil
Saat melihat ke bawah tempat tidur atau sofa, biasanya terdapat debu yang menumpuk. Untungnya, hal ini bisa dibersihkan dengan penyedot debu atau pengepel debu.

Namun, apakah Anda meluangkan waktu melihat bagian bawah perabot?

Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang ditemukan menempel di rangka tempat tidur, dudukan kursi, juga penyangga meja.

Gunakan penyedot debu atau kemoceng untuk menyingkirkan debu, kotoran, serta sarang laba-laba dan telurnya, setidaknya dua kali setahun. 

Baca juga: 7 Manfaat Lemon untuk Membersihkan Rumah, Hilangkan Noda dan Bau

Dinding dan baseboard 

Selanjutnya, area dan benda yang sering terlupakan saat membersihkan rumah adalah dinding dan  Debu dan kotoran dapat menempel pada permukaan vertikal serta horizontal.

Buka tirai atau kerai dan nyalakan semua lampu dan Anda skan takjub melihat betapa berbulu dinding. Jika memiliki wallpaper bertekstur, lebih banyak lagi debu yang mengintai.

Mulailah membersihkan dinding dan wallpaper dari bagian atas dinding, kemudian lanjutkan ke bawah menggunakan kemoceng yang dapat menjebak partikel.

Akhiri dengan membersihkan bekas-bekas noda atau kotoran yang mungkin ada di sekitar sakelar lampu dan gagang pintu.

Akhiri membersihkan dinding dengan memperhatikan baseboard. Jumlah debu yang luar biasa dapat terkumpul di tepian kecil itu.

Di ruangan, seperti dapur dan kamar mandi yang memiliki kelembapan lebih tinggi, Anda perlu menyeka baseboard dengan kain lembap karena kelembapan telah mengubah debu menjadi tanah yang menempel di permukaan. 

Baca juga: 5 Area yang Kerap Terlewatkan Saat Membersihkan Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com