Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membersihkan Wajan Gosong dengan Bahan Alami

Kompas.com - 15/12/2023, 11:13 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Ideal Home

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan menjadi peralatan memasak yang hampir dimiliki setiap dapur, terlebih mereka yang gemar memasak.

Wajan digunakan untuk menggoreng berbagai hidangan, dari daging, ikan, telur, hingga menumis sayuran. 

Baca juga: 6 Cara Merawat Wajan Besi Cor agar Tahan Lama

Penggunaan yang rutin dapat membuat wajan gosong, bahkan hingga berkerak. Bahkan wajan antilengket berkualitas tinggi yang tahan terhadap suhu panas pun dapat dengan mudah menyebabkan gosong di bagian bawahnya. 

Terkadang noda gosong pada wajan ini sulit hilang, tidak peduli seberapa keras Anda menggosoknya dan telah dibersihkan berkali-kali. 

Kabar baiknya, ada beberapa metode yang telah teruji dapat mengangkat sisa-sisa gosong dari wajan dan membuatnya kembali bersih tanpa merusaknya atau memakai bahan kimia yang keras.

Dilansir dari Ideal Homes, Jumat (15/12/2023), sejumlah ahli membagikan cara membersihkan wajan gosong dengan bahan alami. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wajan Stainless Steel agar Tetap Terlihat Baru

Menggunakan lemon

Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandiPIXABAY/STEVE BUISSINNE Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandi
Sarah Dempsey, ahli pembersihan dari Myjobquote.co.uk, mengatakan lemon adalah bahan pembersih yang sangat baik karena sifat asam dan antibakteri yang dimilikinya. 

Lemon juga dapat meninggalkan aroma jeruk yang menyegarkan dan membersihkan wajan gosong. Caranya, potong sekitar tiga sampai empat buah lemon menjadi empat bagian.

Gunakan sesuai dengan ukuran wajan, kemudian masukkan lemon ke panci berisi air dan didihkan. Kecilkan api dan biarkan air dan lemon mendidih setidaknya 10 menit.

Makanan yang gosong akan mengambang ke atas selama waktu ini. Kosongkan wajan dan gosok sisa makanan yang gosong. Terakhir, bilas wajan. 

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Wajan Gosong agar Terlihat Baru

Sabun cair dan air mendidih 

Membersihkan wajan dengan sabun cair dan air mendidih adalah teknik yang mudah serta efektif menghilangkan gosong pada wajan.

"Peningkatan suhu dapat membantu memisahkan makanan yang gosong dari bahan panci. Berikut cara membersihkan wajan gosong dengan sabun cair dan air mendidih: 

1. Letakkan wajan di atas kompor dan nyalakan api.

2. Saat wajan sudah panas, tuangkan air dan beberapa tetes cairan pembersih.

3. Biarkan air meresap dan panaskan hingga mendidih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com