Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang Rumah Tangga yang Dapat Menghambat Keberuntungan Anda

Kompas.com - 11/12/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang penggunaan feng shui untuk meningkatkan energi di rumah, banyak dari kita berfokus pada apa yang harus ditambahkan, tapi melupakan apa yang harus disingkirkan.

Ternyata, menurut feng shui, ada beberapa benda yang harus disingkirkan dari interior kita. Dalam peta feng shui, sebuah benda dan penempatannya bisa berdampak terhadap keberuntungan. 

Baca juga: 6 Kesalahan Menata Kamar Mandi yang Dapat Mendatangkan Feng Shui Buruk

Menyimpan barang yang salah dapat menetralkan langkah positif yang telah kita buat untuk meningkatkan aliran energi di dalam rumah.

Dilansir dari Homes and Gardens, Senin (11/12/2023), berikut sejumlah barang rumah tangga yang dapat menghambat keberuntungan Anda menurut feng shui sehingga harus disingkirkan.

Tanaman kering dan mati 

Tanaman hias sering dipuji karena kemampuannya untuk menyuntikkan sedikit alam ke dalam rumah, bahkan memurnikan udara. 

Namun, Joy Tan, konsultan feng shui, perancang, dan pemilik Joy Tan Mindful Living & Design, mengatakan tidak semua tanaman ocok untuk mendatangkan feng shui terbaik, terutama jika memiliki tanaman kering atau amti lebih banyak daripada tanaman hijau. 

"Yang terbaik adalah memiliki tanaman segar dan hidup di rumah karena tanaman yang mati atau kering dapat melambangkan stagnasi serta kurangnya pertumbuhan. Saya sarankan menggantinya dengan tanaman sehat yang meningkatkan vitalitas dan energi positif," ucapnya. 

Baca juga: Warna Feng Shui Terbaik untuk Pintu Depan Rumah yang Menghadap Selatan

Kaktus 

Ilustrasi pot tanah liat, pot terakota, tanaman kaktus di pot tanah liat. PIXABAY/LUM3N Ilustrasi pot tanah liat, pot terakota, tanaman kaktus di pot tanah liat.
Selanjutnya, barang rumah tangga yang dapat menghambat keberuntungan menurut feng shui adalah tanaman kaktus. Tanaman ini menjadi salah satu yang paling sering membawa kesialan.

Michelle Justice, yogi, spiritualis, dan CEO NatureSound Retreat, menjelaskan ini bukan tentang kaktus itu sendiri, melainkan lebih kepada fitur runcing tajam yang dimilikinya.

Dalam Feng Shui, benda-benda tajam dapat menciptakan suatu bentuk energi agresif yang dikenal sebagai sha chi. Jadi, jika Anda adalah penggemar penghuni gurun ini, lebih baik menyimpannya di luar ruangan atau di tempat yang tidak terlalu sering dikunjungi.

"Daripada kaktus, sebaiknya menggunakan tanaman berdaun bulat. Ini bisa membawa rasa damai dan tenang ke ruang Anda," ucap Mishelle.   

Baca juga: 5 Warna Atap Rumah Menurut Feng Shui

Barang rusak 

Benda-benda yang pecah tidak hanya terlihat buruk untuk dekorasi rumah, tapi juga merupakan musuh untuk menciptakan feng shui yang baik di rumah. 

"Memiliki benda-benda yang pecah atau terkelupas di dalam rumah dipercaya dapat menarik energi tidak stabil atau negatif," kata Dr Jenelle Kim, pendiri JBK Wellness Labs dan penulis Myung Sung: The Korean Art of Living. 

Barang rusak menjadi barang rumah tangga yang dapat menghambat keberuntungan menurut feng shui. Barang ini damelambangkan kerusakan, ketidakstabilan, atau kurangnya perawatan.

Sebaiknya, ganti atau perbaiki barang-barang tersebut untuk mengembalikan rasa harmoni dan kepositifan di ruangan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com