Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 09:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian kucing memiliki kebiasaan makan atau mengunyah kertas. Hal ini dianggap sebagai salah satu perilaku aneh kucing dan membuat pemiliknya bertanya-tanya mengapa kucing melakukannya? 

Kucing adalah makhluk penasaran yang menggunakan hidung dan mulutnya untuk menjelajahi dunia dengan mengendus, mengecap, bahkan mengunyah benda-benda yang menarik. 

Baca juga: Penyebab Kucing Memakan Kotoran dan Cara Menghentikannya

Kucing dapat mencium dan merasakan hal-hal yang tidak dapat dideteksi manusia. Walau kedengarannya aneh, kertas dan kardus menarik bagi banyak kucing.

Tergantung pada jenis kucing, kertas ini meliputi kertas printer, uang kertas, buku, majalah, kotak kardus, tisu toilet, dan tisu.

Kucing mungkin menjilat dan mengunyah kertas untuk menjelajahinya atau bermain, kemudian menyadari bahwa menikmati bau dan rasanya.

Beberapa kucing hanya akan mengunyah kertas dan kardus, tetapi ada juga yang menelannya.

Kucing adalah karnivora yang secara naluriah senang berburu mangsa. Ada kemungkinan bahwa merobek kertas dan kardus meniru tindakan merobek daging mangsanya. 

 Baca juga: Penyebab Kucing Menjilati Tubuhnya Berlebihan dan Cara Menghentikannya

Pica adalah dorongan untuk memakan benda-benda non-makanan yang tidak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Memakan kertas adalah salah satu bentuk pica pada kucing dan ada beberapa kemungkinan penyebabnya seperti dilansir dari The Spruce Pets, Kamis (16/11/2023) berikut ini: 

  • Keingintahuan.
  • Kebosanan.
  • Kesenangan/bermain (kucing sering menikmati teksturnya).
  • Tumbuh gigi pada anak kucing.
  • Stres atau kecemasan.
  • Gangguan obsesif-kompulsif.
  • Kondisi medis atau kekurangan nutrisi. 

Baca juga: Jangan Abai, Ini Ragam Tanda Kucing Hamil

Amankah kucing memakan kertas?

Ilustrasi kucing Ragdoll.Shutterstock/Peredniankina Ilustrasi kucing Ragdoll.
Kucing memakan kertas biasanya hanya menelan kertas dalam jumlah kecil. Namun, kucing memakan kertas dalam jumlah besar dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Kertas terbuat dari serat selulosa yang diekstrak dari kayu atau bahan serupa dan mungkin mengandung berbagai bahan kimia yang digunakan dalam pemrosesan.

Kertas jadi sering kali mengandung tinta dan pewarna. Bahan kimia dalam beberapa kertas dapat menjadi racun jika tertelan dalam jumlah cukup banyak. Untungnya, dibutuhkan banyak kertas untuk menyebabkan keracunan.

Obstruksi saluran cerna adalah risiko terbesar memakan kertas pada kucing. Kertas dalam jumlah kecil biasanya dapat dicerna di dalam perut.

Namun, dalam jumlah besar, kertas dapat menyerap cairan dan menggumpal di dalam perut atau usus. Jika cukup besar, gumpalan kertas dapat menghalangi makanan melewati saluran pencernaan. 

Baca juga: 5 Penyebab Kucing Memuntahkan Makanan, dari Penyakit sampai Hairball

Tubuh akan berusaha mengeluarkan kertas tersebut atau melewatinya. Kucing mungkin akan memuntahkan seluruh atau sebagian kertas tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com