Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Semut dari Rumah

Kompas.com - 14/11/2023, 21:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut menjadi salah satu hama serangga yang sering muncul di rumah. Semut dapat dengan cepat menyerbu rumah dan akan terus muncul dalam jumlah besar jika menemukan sumber makanan. 

Keberadaan semut di rumah tak hanya mengganggu, tetapi juga membuat rumah kotor dan bisa menyebabkan ruam serta gatal-gatal pada kulit ketika menggigit.  

Baca juga: Cara Membasmi Semut dari Dapur dan Ragam Tanda Serangannya

Untungnya, membasmi semut dari rumah bisa dilakukan dengan mudah dan metode alami tanpa harus memanggil jasa profesioanl pembasmi semut.

Meski tidak ada cara cepat membasmi semut, metode pengusir semut alami sangat efektif. Penggunaan bahan alami ini juga tidak akan menimbulkan bahaya di rumah. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Selasa (14/11/2023), berikut sejumlah bahan alami yang ampuh membasmi semut dari rumah.  

Baca juga: 3 Cara Ampuh Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami

Ampas kopi segar 

Ilustrasi ampas kopi. Shutterstock/Nor Gal Ilustrasi ampas kopi.
Cegah serangan semut dengan secangkir kopi. Setelah menyeduh kopi pada pagi hari, ambil sisa ampas kopi dan taburkan di sekitar area yang terinfeksi untuk menghalau semut dari lokasi.

Ini adalah metode sementara yang perlu diulang atau dipasangkan dengan pengobatan lain karena potensi ampas kopi akan melemah saat mengering.

Semut membenci bau kopi dan akan mencari tempat untuk menjauh dari aroma tersebut. Metode ini akan memaksa semut keluar dari area yang terserang sampai Anda mencampurkan solusi yang dapat mengatasi masalah sepenuhnya dan mencegah semut kembali. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Semut dari Rumah dengan Bahan Alami

Semprotan cuka atau minyak esensial

Selanjutnya, bahan alami yang ampuh membasmi semut dari rumah adalah semprotan cuka atau minyak esensial. Jika melihat semut di dalam rumah, semprotkan cuka dan bersihkan dengan handuk.

Produk pembersih ini tidak hanya membunuh semut, tetapi juga membersihkan jejak feromon yang ditinggalkan semut untuk memberi sinyal makanan kepada teman-temannya.

Jika semut tidak dapat mengundang teman-temannya, semut tidak akan mau kembali dan  akan pergi mencari sumber makanan lain. Namun, kedua produk ini tidak akan bekerja baik mengusir semut dalam jumlah sangat banyak.  

Baca juga: 6 Cara Membuat Solusi Pengusir Semut Pakai Bahan yang Ada di Dapur

Boraks

Ilustrasi boraks.Shutterstock/Gv Image-1 Ilustrasi boraks.
Untuk menggunakan boraks sebagai umpan semut, campurkannya dengan sesuatu yang menarik bagi semut sebagai sumber makanan. Hal ini akan menarik semut untuk memakannya.

Identifikasi adalah langkah pertama dan terpenting dalam pengendalian hama, jadi apa yang Anda gunakan sebagai umpan tergantung pada spesies semut yang Anda hadapi:

Untuk semut gula dan semut yang menyukai makanan manis lainnya, gunakan sesuatu yang manis, seperti jeli, sirup, atau madu.

Untuk semut trotoar dan semut lain yang menyukai protein dan minyak, gunakan sesuatu seperti selai kacang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com