Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2023, 21:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Hydrange merupakan salah satu bunga yang cantik. Bunga ini bisa tumbuh di taman maupun dalam pot.

Warna yang cerah dan bentuk yang cantik akan membuat rumah terlihat indah. Namun, untuk membuat tanaman hydrangea tumbuh dengan baik, perawatan yang diberikan harus maksimal.

Salah satu perawatan bunga hydrangea yang perlu dilakukan yaitu pemberian pupuk berimbang sesuai dengan kebutuhan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (13/11/2023), berikut ini tips pemupukan bunga hydrangea yang perlu diperhatikan.

Baca juga: 8 Tanaman Pendamping untuk Membantu Bunga Hydrangea Tumbuh Subur

Jangan melakukan pemupukan saat tanam

Tidak perlu menambahkan pupuk tambahan saat menanam tanaman hydrangea. Apabila membeli tanaman dari penangkar bibit, media tanam tersebut sudah mengandung cukup pupuk yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman ini.

Cukup siram hydrangea yang baru ditanam. Bila perlu lapisi permukaan media tanam dengan mulsa untuk menjaga kelembapan media tanam.

bunga hydrangeapixabay.com bunga hydrangea

Berikan pupuk satu tahun setelah tanam

Semua jenis hydrangea perlu dipupuk setidaknya sekali dalam satu tahun. Pemupukan dilakukan saat pertumbuhan baru dimulai.

Pemberian pupuk susulan akan membuat tanaman tumbuh dengan baik dan bunganya bisa mekar dengan cantik.

Baca juga: 5 Kesalahan Merawat Tanaman Hydrangea yang Sering Dilakukan

Pilih pupuk terbaik

Tips pemupukan bunga hydrangea lainnya yaitu memberikan pupuk terbaik. Jenis pupuk yang diberikan sebaiknya pupuk slow release yang mengandung unsur hara makro seperti nitrogen, fosfor, dan kalium.

Hindari penggunaan pupuk yang bereaksi cepat yang berbentuk cair. Jenis pupuk ini bisa merangsang pertumbuhan dalam jangka pendek dan tidak bisa menopang pertumbuhan tanaman dalam jangka panjang.

Pupuk jenis ini cenderung memacu pertumbuhan vegetatif dibandingkan generatif.

Berikan pupuk dalam jumlah tepat

Selain jenisnya, perhatikan juga jumlah pupuk yang dibersihkan. Dosis pupuk biasanya tertera pada kemasan pupuk tersebut.

Jangan berikan pupuk dalam jumlah besar, terutama jika pupuk mengandung nitrogen yang tinggi karena bisa memicu pertumbuhan daun dan menghambat perkembangan bunga.

Baca juga: 7 Penyebab Daun Hydrangea Menguning dan Cara Mengatasinya

Pemberian pupuk bisa dilakukan dengan cara menyebarkan di atas permukaan tanah. Namun, pastikan pupuk tidak mengenai daun karena bisa menyebabkan daun tanaman hydrangea terbakar.

Itulah beberapa tips pemupukan hydrangea yang benar. Pemberian pupuk dengan tepat akan membuat tanaman tumbuh dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com