Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Decluttering Lebih Efektif, Bikin Rumah Rapi Lebih Lama

Kompas.com - 02/11/2023, 10:37 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu cara menjaga rumah tetap rapi dan tertata adalah menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak lagi diperlukan lagi dan rusak atau disebut decluttering

Decluttering juga dapat menciptakan rumah lebih bersih, nyaman, mudah diatur, tampak lebih luas, serta mengurangi rasa kewalahan karena memiliki banyak barang. 

Baca juga: Bikin Berantakan, Ini 6 Barang yang Harus Disingkirkan dari Meja Dapur

Namun, decluttering perlu dilakukan secara efektif dan sistematis agar dapat berkelanjutan, membuat rumah rapi lebih lama, dan memaksimalkan manfaatnya. Sayangnya, beberapa orang masih belum mengetahui cara melakukkannya. 

Untunk membantu Anda, dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (2/11/2023), berikut lima cara membuat decluttering lebih efektif.

Menentukan berapa banyak waktu yang dimiliki

Ilustrasi merapikan barang-barang.Shutterstock/Kostikova Natalia Ilustrasi merapikan barang-barang.
Tips satu ini sangat penting diikuti saat melakukan decluttering di rumah. Dengan mengetahui berapa banyak waktu yang Anda miliki, akan membuat rencana decluttering yang realistis dan menghindari kekacauan dalam jangka panjang.

Jika Anda hanya memiliki beberapa jam untuk decluttering, fokuslah pada satu atau dua area saja terlebih dahulu. Namun, Anda perlu menyisihkan lebih banyak waktu apabila kondisi rumah sedang sangat berantakan. 

Baca juga: 5 Barang Ini Harus Disingkirkan dari Dapur Minimalis, Kenapa?

Memiliki tujuan jelas

Selanjutnya, cara membuat decluttering lebih efektif adalah memiliki tujuan yang jelas. Hal ini dapat memberi dampak yang bertahan lama, membantu Anda tetap fokus, terorganisir, dan membuat keputusan tepat saat melakukannya.

Anda dapat membuat daftar tujuan yang spesifik dan dapat diukur, lalu tentukan tenggat waktu untuk mencapai tujuan agar tetap termotivasi. 

Baca juga: 5 Ruangan yang Tidak Boleh Digunakan untuk Menyimpan Barang

Menggunakan catatan post-it

Menggunakan catatan post-it juga merupakan cara membuat decluttering lebih efektif. 

Catatan post-it membantu Anda mengatur barang-barang yang akan disingkirkan dan memastikan Anda memiliki sistem jelas untuk menyalurkannya.

Buatlah tumpukan barang-barang yang ingin dibuang, didonasikan, atau disimpan. Anda dapat menggunakan catatan post-it untuk melabeli setiap tumpukan sesuai dengan tujuannya. 

Baca juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Berada di Pintu Rumah Minimalis, Kenapa?

Memutuskan rencana penyimpanan

Ilustrasi decluttering, merapikan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/SEVENTYFOUR Ilustrasi decluttering, merapikan barang di rumah.
Memutuskan rencana penyimpanan juga dapat membantu melakukan decluttering dengan  efektif. Dengan melakukan cara ini, Anda dapat memastikan terdapat tempat tepat untuk menyimpan barang-barang yang sudah diputuskan untuk disimpan.

Simpan barang-barang di tempat yang sekiranya tetap mudah dijangkau, seperti di gudang yang memiliki ruang penyimpanan khusus, untuk barang yang jarang dipakai. 

Baca juga: 7 Barang yang Perlu Dibersihkan Setiap Hari 

Ingat, ini hanyalah proses sementara

Terakhir, cara membuat decluttering lebih efektif adalah mengingatnya sebagai proses sementara. Penting diingat, melakukan decluttering dapat membuat ruangan terlihat lebih buruk terlebih dahulu sebelum akhirnya tampak lebih baik.

Proses decluttering mengharuskan Anda mengeluarkan semua barang dari tempat penyimpanan dan meletakkannya di lantai untuk diseleksi sehingga dapat membuat rumah terlihat berantakan.

Namun, ingatlah bahwa proses ini hanya sementara dan fokuslah pada satu area terlebih dulu dalam satu waktu. Hindari merapikan semua barang secara sekaligus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com