Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Barang yang Tidak Perlu Dibeli Berlebihan Saat Mendekorasi Rumah

Kompas.com - 16/09/2023, 09:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah sering kali membutuhkan biaya yang mahal. Namun,  tidak perlu membuang banyak uang untuk setiap barang atau elemen dekorasi yang Anda beli.

Faktanya, ada beberapa barang rumah yang tidak perlu dibeli berlebihan saat mendekorasi rumah menurut para ahli. 

Baca juga: 5 Barang Dapur yang Dapat Dibersihkan dengan Cuka

Beberapa barang tertentu, termasuk furnitur yang bertahan lama dan tahan terhadap banyak keausan, layak diberi label harga mahal, sementara yang lainnya tidak.

Jadi, barang rumah apa saja yang tidak perlu dibeli ketika mendekorasi rumah?

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (16/9/2023), berikut sejumlah barang yang tidak perlu dibeli berlebihan saat mendekorasi rumah menurut para ahli desainer interior. 

Tanaman dan vas 

Ilustrasi tanaman hias pakis sarang burung (Asplenium nidus).SHUTTERSTOCK/ELZLOY Ilustrasi tanaman hias pakis sarang burung (Asplenium nidus).
David Quarles, desainer interior, perancang perhiasan, dan pembuat konten yang berbasis di Memphis, Amerika Serikat, menyarankan berhenti menghabiskan banyak uang untuk tanaman dan vas.

"Saya menyukai tanaman dan bagaimana mereka membawa kehidupan nyata pada setiap ruang yang dirancang. Namun, tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan tampilan tanaman yang terawat baik," kata Quarles. 

Sebagai gantinya, ia merekomendasikan membeli beberapa tanaman saja untuk di dalam ruangan dan pilih yang harganya terjangkau, tetapi aman serta mudah dirawat.  

Baca juga: 8 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Dalam Mobil, Ini Alasannya 

Karya seni 

Selanjutnya, barang yang tidak perlu dibeli berlebihan saat mendekorasi rumah adalah karya seni. Namun, tak perlu menggunakan karya seni yang benar-benar Anda sukai, apalagi harganya mahal. 

Bethany Adams, desainer interior bersertifikat dari Kentucky Board of Architecture, mengatakan cenderung membeli karya-karya vintage di pelelangan dengan harga jauh lebih murah daripada yang ditemukan di galeri atau toko cetak. 

Karya-karya seni tersebut biasanya sudah dibingkai, yang bahkan lebih ramah di kantong karena membingkai bisa sangat mahal.

"Aturan praktis saya adalah jika bisa menemukan lukisan vintage berbingkai asli dengan harga lebih murah daripada membeli bingkainya saja, saya akan membelinya," ucap Adams yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun. 

Baca juga: 4 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Atas Kulkas, Ini Bahayanya 

Perangkat keras

Ilustrasi pintu kayu di rumahShutterstock Ilustrasi pintu kayu di rumah
Secara individual, beberapa tuas laci atau gagang lemari tidak tampak seperti investasi besar. Sampai Anda menghitungnya untuk seluruh ruangan yang penuh dengan barang-barang tersebut.

"Perangkat keras dapat dilihat sebagai perhiasan dapur dan kamar mandi. Hadir dalam berbagai gaya desain dan aplikasi, perangkat keras menambahkan begitu banyak kepribadian berlapis pada lemari," ujar Quarles. 

Namun, Anda tidak perlu mengeluarkan uang setingkat berlian untuk perangkat keras. Pilih perangkat keras vintage atau buatan tangan yang unik dengan harga terjangkau. 

Baca juga: Bikin Kacau, 7 Barang Ini Sebaiknya Tidak Disimpan di Lemari Pakaian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com