Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Membersihkan Kumparan AC, Bikin Lebih Dingin

Kompas.com - 01/11/2023, 08:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan koil atau kumparan AC sentral merupakan cara termudah dan termurah untuk meningkatkan efisiensi, daya tahan, serta masa pakai AC.

Hal ini juga meningkatkan kenyamanan dalam ruangan serta menghemat biaya pengoperasian dan perbaikan. 

Manfaat-manfaat ini menjadikan membersihkan kumparan AC sebagai tugas yang harus dilakukan rutin setiap tahun. Walhasil, unit AC berjalan lebih optimal dalam mendinginkan ruangan.

Baca juga: 10 Cara Membuat Rumah Sejuk Saat Cuaca Panas, Tak Perlu AC 

Jenis-jenis kumparan AC 

Ilustrasi kumparan kondensor AC yang berada di luar ruangan.Shutterstock/J.J. Gouin Ilustrasi kumparan kondensor AC yang berada di luar ruangan.
Udara sejuk yang mengalir dari sistem AC sentral adalah hasil dari dua set kumparan yang melakukan hal berbeda, yakni kumparan kondensor yang membuang panas dan kumparan evaporator yang mendinginkan udara. Kedua set kumparan AC tersebut perlu dibersihkan.

Kumparan kondensor terletak di kondensor, unit luar ruangan logam yang besar. Kumparan kondensor mengeluarkan dan membuang udara panas dari rumah.

Kumparan kondensor tidak pernah menjadi dingin. Sebaliknya, bertindak untuk menyerap panas dalam ruangan dan memindahkannya ke luar.

Sementara itu, kumparan evaporator terletak di dalam ruangan dekat penangan udara. Kumparan evaporator menjadi sangat dingin. Udara blower yang melewati kumparan evaporator mengirimkan udara dingin ke dalam rumah.

Membersihkan kedua kumparan AC ini harus dilakukan setahun sekali. Jika sering menggunakan AC atau eksterior atau interior AC kotor, bersihkan kumparan lebih sering atau sesuai kebutuhan.  

Baca juga: Catat, Ini Durasi Menyalakan AC Setiap Harinya

Manfaat membersihkan kumparan AC 

Ilustrasi membersihkan AC di rumahShutterstock/chaponta Ilustrasi membersihkan AC di rumah
Ada sejumlah manfaat membersihkan kumparan AC selain mendinginkan ruangan lebih maksimal. Dilansir dari The Spruce, Rabu (1/11/2023), berikut manfaat membersihkan kumparan AC. 

  • Meningkatkan efisiensi pendinginan

Ketika kotor, kipas kondensor dan kompresor bekerja lebih keras untuk menghasilkan jumlah udara dingin yang sama ke dalam rumah.

Membersihkan kumparan AC akan mengembalikannya ke kondisi semula sehingga dapat bekerja pada kapasitas yang diinginkan. 

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kinerja AC Saat Cuaca Panas, Dijamin Bikin Dingin  

  • Meminimalkan keausan pada sistem

Selanjutnya, manfaat membersihkan kumparan AC adalah meminimalkan keausan pada sistem. Kumparan AC yang kotor berarti sistem berputar lebih sering untuk mempertahankan titik setel suhu.

Kipas unit kondensor terus bekerja untuk menarik udara panas dari rumah sehingga menyebabkannya lebih cepat aus. 

  • Mengurangi panggilan servis

Semakin besar dan kompleks perbaikannya, semakin besar kemungkinan Anda perlu memanggil teknisi HVAC untuk panggilan servis.

Biaya panggilan servis HVAC bisa menghabiskan sekitar Rp200-Rp500 ribu. Itu hanya biaya untuk datang. Tenaga kerja di luar titik itu, ditambah bahan dan hal yang perlu diganti.

Dengan menjaga sistem AC tetap bersih, mengurangi jumlah panggilan servis yang akan Anda lakukan. 

Baca juga: Catat, Begini Cara Membersihkan AC Portable dengan Mudah

  • Menghemat uang

Terakhir, manfaat membersihkan kumparan AC adalah menghemat uang. AC menggunakan banyak listrik yang mahal untuk menjalankannya. Mengurangi frekuensi dan lamanya waktu pengoperasian akan menghemat uang.

Selain itu, membersihkan kumparan AC dan melakukan pemeliharaan sistem dapat mencegah Anda dari keharusan untuk membeli sistem baru sebelum waktunya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com