Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membersihkan Wastafel Porselen agar Tetap Kinclong

Kompas.com - 13/10/2023, 08:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Porselen menjadi salah satu material yang banyak digunakan untuk wastafel, khususnya wastafel kamar mandi

Wastafel porselen memiliki tampilan bersih, mengkilap, serta menarik. Namun, wastafel porselen sangat rentan terhadap noda dan goresan serta membutuhkan perawatan yang konsisten untuk menjaganya tetap berkilau. 

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Noda Karat pada Wastafel Porselen

Jika wastafel porselen mengalami perubahan warna, seperti oranye, merah, atau coklat, kemungkinan besar ini adalah noda karat.

Jangan pernah menggunakan hidrogen peroksida atau pemutih klorin untuk membersihkan noda karat karena cairan ini adalah pengoksidasi yang mengikat noda dan memperburuk karat sehingga sangat sulit dibersihkan. 

Sebagai solusi ramah lingkungan, gunakan produk rumah tangga alami, seperti baking soda dan air perasan lemon, untuk membuat wastafel porselen kembali mengkilap dalam waktu singkat. 

Baca juga: Perbedaan Ubin Porselen dan Keramik, Mana yang Lebih Baik?

Seberapa sering membersihkan wastafel porselen

Ilustrasi membersihkan wastafel porselen.Shutterstock/INAOX Ilustrasi membersihkan wastafel porselen.
Semakin lama membiarkan sisa makanan dan kotoran pasta gigi menempel pada wastafel porselen, semakin sulit menghilangkannya.

Atasi kotoran sebelum sempat mengeras dan menodai. Cara terbaik menjaga wastafel porselen tetap terlihat bersih dan kinclong adalah membersihkannya sesering mungkin.

Kami sarankan menggunakan scrubber lembut atau spons, sabun cuci piring, dan sedikit air hangat setidaknya seminggu sekali.

Hindari menggunakan bahan abrasif keras, seperti sabut baja, untuk membersihkan wastafel porselen. Bahan kasar dapat membuat permukaan wastafel porselen menjadi kusam, bahkan menggoresnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Porselen Pakai Baking Soda 

Alat dan bahan  

  • Spons non-abrasif. 
  • Sikat lembut.
  • Kain mikrofiber.
  • Botol semprot. 
  • Baking soda.
  • Hidrogen peroksida (botol baru).
  • Air perasan lemon.
  • Cuka putih.
  • Tisu kertas

Mulailah dengan pembersihan cepat

Ilustrasi wastafel kamar mandi minimalis.UNSPLASH/ZAC GUDAKOV Ilustrasi wastafel kamar mandi minimalis.
Sebelum menggunakan peralatan besar, sebaiknya membersihkan wastafel porselen dengan sabun cuci piring lembut dan spons. Bersihkan minyak atau sisa sabun, lalu bilas semuanya hingga bersih. 

Baca juga: Trik Membersihkan Noda Karat pada Wastafel Porselen Pakai Pasta Gigi

Taburi baking soda 

Taburkan sedikit baking soda di atas noda atau langsung ke spons basah atau kain mikrofiber saat siap membersihkan wastafel porselen. Gosok dengan lembut dan gerakan melingkar.

Baking soda dapat mengangkat noda dari wastafel porselen, tetapi jika membutuhkan solusi lebih keras, lanjutkan ke langkah berikutnya sebelum membilas wastafel porselen hingga bersih.

Tambahkan hidrogen peroksida ke dalam campuran

Jika baking soda tidak dapat menghilangkan semua noda pada wastafel, hidrogen peroksida dapat membantu, tetapi gunakan botol yang baru karena hidrogen peroksida akan kehilangan potensinya dengan cepat setelah botolnya terbuka.

Tutupi wastafel dengan lapisan tisu kertas, lalu gunakan botol semprot untuk menyemprotkan hidrogen peroksida ke seluruh bagiannya, dan biarkan selama 30 menit atau satu jam.

Jika tidak memiliki hidrogen peroksida, solusi alternatifnya adalah cuka putih. Pembersih rumah tangga ini sering kali dipasangkan dengan baking soda dan kombinasinya dapat digunakan untuk membersihkan banyak area lain di rumah, termasuk membersihkan wastafel porselen.  

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wastafel Kamar Mandi dan Menjaganya Tetap Kinclong

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com