Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Daun Tanaman Lidah Mertua Melengkung dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 09/10/2023, 09:07 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah mertua (Dracaena trifasciata) adalah tanaman hias yang populer dan kuat dengan daun berbentuk pedang.

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan dan toleran terhadap kekeringan.  

Baca juga: Seberapa Sering Perlu Menyiram Tanaman Lidah Mertua?

Namun, tanaman yang mudah dirawat pun terkadang membutuhkan perhatian untuk menghindari dari berbagai masalah, salah satunya daun tanaman yang melengkung atau keriting. 

Daun tanaman lidah mertua melengkung bisa menjadi tanda mengalami stres. Ada banyak alasan mengapa daun tanaman lidah mertua melengkung.

Untuk mendiagnosa masalahnya, periksa tanaman dengan cermat, cari tanda-tanda seperti tanah yang kering atau padat, daun menguning, atau bukti adanya hama.

Untungnya, jika menemukan akar penyebabnya, ada kemungkinan besar Anda bisa mengembalikannya ke kondisi yang sehat. 

Nah, dikutip dari The Spruce, Senin (9/10/2023), berikut sejumlah penyebab daun tanaman lidah mertua melengkung.

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua, Mudah dan Murah

Kurang air

Ilustrasi tanaman lidah mertua yang terserang penyakit busuk akar Shutterstock Ilustrasi tanaman lidah mertua yang terserang penyakit busuk akar
Dehidrasi adalah alasan paling umum mengapa daun tanaman lidah mertua melengkung. Jika melihat dedaunan yang menggulung dan berkerut dengan tepi berwarna coklat, kemungkinan besar tanaman kehausan.

Untuk memastikannya, periksa kelembapan tanah dengan menancapkan jari Anda dua hingga lima sentimeter ke dalam lapisan atas tanah.

Jika terasa kering, saatnya menyiram tanaman. Gunakan teknik penyiraman dari bawah, yang memungkinkan air terserap secara perlahan melalui lubang drainase pada pot.

Lidah mertua adalah tanaman yang toleran terhadap kekeringan, tapi tetap membutuhkan air. Tergantung pada waktu dalam setahun (air cenderung menguap lebih cepat selama bulan-bulan musim panas), Anda harus menyiram lidah mertua antara setiap dua minggu dan sebulan sekali. 

Baca juga: 8 Masalah yang Sering Terjadi pada Lidah Mertua dan Cara Mengatasinya

Penyiraman berlebihan

Sama dengan kurang air, penyiraman berlebih dapat menjadi penyebab daun tanaman lidah mertua melengkung. Selain itu, terlalu banyak air juga membuat daunnya terkulai, terasa lembut, dan mulai menguning.

Untuk mendiagnosis penyebabnya secara akurat, periksa tanah dengan jari Anda. Jika terasa lembap, tunda penyiraman. Siram tanaman lidah mertua hanya ketika tanahnya sudah mengering. 

Apabila terus menyiram tanaman lidha mertua secara berlebihan, hal ini akan menyebabkan pembusukan akar, yang bisa membuat tanaman mati. 

Baca juga: 6 Jenis Tanaman Lidah Mertua, dari Kerdil hingga Tinggi 

Serangan hama

Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat. SHUTTERSTOCK/WUT_MOPPIE Ilustrasi tanaman hias lidah mertua di pot terakota atau pot tanah liat.
Hama, seperti kutu daun, thrips, kutu putih, dan tungau laba-laba, mengganggu semua jenis tanaman hias, termasuk lidah mertua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com