Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/10/2023, 12:21 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Dinding ombre merupakan salah satu tren desain interior yang kembali populer belakangan waktu ini. 

Dinding ombre awalnya populer pada 2010-an, kemudian meredup, tetapi kini kembali muncul.   

Baca juga: 5 Cara Membuat Tampilan Ombre di Dinding, Lebih Keren dari Wallpaper

Dinding ombre kembali populer dipengaruhi tren budaya yang lebih luas. Dalam beberapa tahun terakhir, ada sebuah tren budaya yang berfokus mengekspresikan diri. 

Tren ini telah mendorong orang membuat rumah lebih unik dan mencerminkan kepribadian diri mereka. Dinding ombre adalah cara bagus membuat tampilan rumah menjadi lebih unik dan menarik.

Dinding ombre memiliki gradasi warna yang halus serta memberikan kedalaman dan dimensi pada ruangan, yang dapat membuat ruangan kecil tampak lebih besar.

Namun, cara mengecat dinding ombre tidaklah mudah, terutama jika Anda pemula yang belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya.

Dikutip dari Living Etc, Jumat (6/10/2023), berikut cara mengecat dinding ombre tanpa ribet dan mudah dilakukan. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Akan Ketinggalan Zaman pada 2024

Ilustrasi cat dinding.Shutterstock/Efetova Anna Ilustrasi cat dinding.

Alat dan bahan

  • Lima baki cat
  • Kuas, roller cat, dan tongkat pencampur.
  • Pita pelukis (khususnya frog tape).
  • Tangga yang kokoh.
  • Ampelas.
  • Sikat atau spons

Siapkan ruang

Singkirkan semua dekorasi dari dinding yang akan dicat ombre, lalu tutupi furnitur serta lantai di sekitarnya dengan kain pelapis.

Setelah itu, bersihkan dinding dengan sabun lembut dan air. Amplas dinding untuk menghilangkan ketidaksempurnaan. 

Terakhir, gunakan pita pelukis untuk menutupi alas tiang, cetakan, dan dinding yang berdekatan dengan lokasi pengecatan. 

Baca juga: 5 Warna Cat yang Dapat Membuat Bahagia, Apa Saja?

Terapkan car lapisan dasar

Selanjutnya, cara mengecat dinding ombre adalah menerapkan cat lapisan dasar. Tujuannya, membuat gradien lebih merata, membantu warna menempel dengan baik, dan membuat transisi lebih halus.

Isi baki cat dengan warna paling terang, kemudian gunakan roller cat untuk menerapkan cat ke seluruh dinding. Biarkan cat mengering sepenuhnya sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. 

Baca juga: 5 Kesalahan Memilih Warna Cat Ruang Keluarga yang Harus Dihindari

Bawa warna yang lebih gelap

Ilustrasi cat, cat dinding.UNSPLASH/DAVID PISNOY Ilustrasi cat, cat dinding.
Ini adalah langkah mulai menciptakan gradien pada dinding. Pertama, isi baki cat dengan warna cat yang lebih gelap, lalu cat sekitar sepertiga dinding dari bawah dengan warna cat lebih gelap.

Sebelum cat mengering, ambil kuas kering dan ratakan dengan lembut batas antara cat yang lebih gelap dan lapisan dasar yang lebih terang menggunakan gerakan ke atas serta bawah.

Untuk perubahan lebih bertahap, campur sebagian warna cat yang lebih terang dan gelap dalam baki terpisah untuk menciptakan warna tengah, lalu aplikasikan di tempat kedua warna bertemu. 

Baca juga: 7 Ide Warna Cat untuk Dapur Kecil agar Terasa Lebih Luas 

Campurkan warna cat 

Terakhir, cara mengecat dinding ombre adalah mencampurkan warna cat. Untuk menciptakan gradien halus, ikuti langkah akhir ini dengan baik.

1. Gunakan kuas atau spons basah untuk mengoleskan cat di batas antara dua warna. Pastikan mengoleskan cat dengan lembut untuk menghindari garis-garis yang terlihat.

2. Jika melihat ada garis kasar yang terlihat, ratakan dengan lembut menggunakan sikat atau spons kering. Terakhir, biarkan dinding mengering sepenuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com