Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 11:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang pintar dan ceria. Teman bulu akan merasa sangat bahagia saat diajak bermain bersama.

Meski demikian, tak semua hal kucing sukai. Ada juga beberapa hal yang tidak disukai kucing. Sebagai pemilik, Anda harus memahami hal tersebut.

Pemahaman ini diperlukan agar teman bulu tetap nyaman dan bahagia. Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (10/9/2023), berikut ini beberapa hal yang tidak disukai teman bulu.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Hal yang Tidak Disukai Kucing

Merasa kesepian

Kucing ternyata sangat tidak menyukai perasaan kesepian. Meski bisa ditinggalkan sendirian dalam waktu yang lebih lama dibandingkan anjing,, namun kucing tetap menginginkan perhatian, cinta, dan kebersamaan.

Jika dibiarkan sendiri dalam waktu lama, kucing akan merasa gelisah, cemas, hingga depresi. Apabila Anda sangat sibuk, pastikan tetap menyisihkan waktu untuk bermain dengan taman bulu, meskipun hanya sebentar.

Ilustrasi kotak pasir kucing.Shutterstock/Axel Bueckert Ilustrasi kotak pasir kucing.

Kotak kotoran tidak dibersihkan

hal yang tidak disukai kucing selanjutnya yaitu kotak kotoran yang tidak dibersihkan. Terkadang kita merasa sangat sibuk, sehingga lupa membersihkan kotak kotoran kucing.

Hal ini ternyata tidak disukai kucing. Maka dari itu, sebaiknya bersihkan kotak kotoran setiap hari atau minimal dua hari sekali, tergantung jumlah kucing yang dimiliki.

Baca juga: Cara Membersihkan Kotak Pasir Kucing agar Tak Bau dan Mengotori Rumah

Jika tidak ingin membersihkan kotak kotoran setiap hari, Anda bisa membeli kotak kotoran yang memiliki fitur untuk membersihkan secara otomatis.

Makanan basi

Sama seperti manusia, kucing juga tidak menyukai makanan basi. Selain rasanya yang tak enak, makanan basi juga bisa menyebabkan kucing sakit karena dalam makanan tersebut terdapat bakteri berbahaya seperti Salmonella dan Staphylococcus.

Maka dari itu, saat hendak menyajikan makanan ke kucing, pastikan untuk cek tanggal kadaluarsanya. Jika kucing menyisakan makanan yang diberikan, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter hewan perihal porsi makan yang ideal untuk si teman bulu.

Minum obat

Hal lain yang juga tidak disukai kucing yaitu minum obat. Saat minum obat, mulut kucing biasanya akan berbusa atau langsung memuntahkannya.

Cara terbaik untuk memberikan obat pada kucing yang sakit yaitu dengan membuat teman bulu merasa nyaman terlebih dahulu. Latih kucing agar bisa merasa nyaman saat wajah dan mulutnya dipegang.

Baca juga: Memberikan Obat Manusia pada Kucing Sakit, Amankah?

Jika berhasil, berikan hadiah kecil sebagai bentuk apresiasi. Kemudian, buat jadwal pemberian obat secara rutin.

Apabila Anda masih kesulitan, ada beberapa makanan lembut yang memiliki kantong khusus untuk menampung obat.

Ilustrasi membelai kucingiStockphoto/Larisa Stefanuyk Ilustrasi membelai kucing

Berlebihan saat membelai kucing

Kucing termasuk hewan yang sangat sensitif terhadap sentuhan, sehingga mereka akan menyadari hal saat Anda membelainya. Mereka juga akan mudah marah saat Anda menyentuhnya secara berlebihan. Tanda tidak suka biasanya ditunjukkan dengan cara mendesis, mencakar, bahkan menggigit.

Persaingan dengan kucing lain

Kucing juga benci persaingan dengan kucing lain, misalnya dalam hal persaingan makanan, ruangan, mainan, atau perhatian manusia. Rasa cemburu ini biasanya ditunjukkan dengan sikap agresif.

Baca juga: 6 Penyebab Kucing Berkelahi Satu Sama Lain dan Cara Mengatasinya

Suara yang terlalu keras

Hal yang tidak disukai kucing selanjutnya yaitu suara yang terlalu keras, seperti badai petir, pertengkaran, dan kembang api. Suara keras bisa menyebabkan kucing stres.

Kondisi ini bisa berdampak pada kesehatan fisik, seperti rambut rontok dan kurang nafsu makan. Maka dari itu, cobalah untuk membatasi paparan suara keras pada kucing. Buatkan ruangan untuk kucing yang tenang dan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com