Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab Kucing Berkelahi Satu Sama Lain dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 04/09/2023, 07:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki lebih dari satu kucing peliharaan di rumah membuatnya rentan mengalami perkelahian satu sama lain. 

Beberapa kucing tidak mau berdamai dan merasa memiliki kuasa penuh di lingkungan atau rumah. Tak jarang, kondisi kucing berkelahi satu sama lain banyak membuat pemiliknya stres. 

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dilakukan saat Mengadopsi Kucing Liar

Ada beberapa alasan kucing tidak bisa akur satu sama lain. Alasan utama adalah kurangnya bersosialisasi dan pengalaman menyenangkan dengan kucing lain pada awal kehidupannya.

Jika kucing  tumbuh sebagai satu-satunya hewan di rumah, dengan sedikit atau tanpa kontak dengan kucing lain, sahabat bulu mungkin bereaksi keras saat akhirnya diperkenalkan dengan kucing.

Pasalnya, kucing cenderung lebih menyukai konsistensi daripada perubahan. Kucing takut akan hal yang tidak diketahui, tidak memiliki keterampilan sosial kucing, serta tidak menyukai gangguan pada rutinitas dan lingkungannya

Untuk mecegah hal yang tidak diinginkan ini, Anda perlu mengetahui sejumlah penyebab kucing berkelahi satu sama lain dikutip dari Love to Know Pets, Senin (4/9/2023).  

Baca juga: 5 Cara Menghentikan Kucing Buang Kotoran di Taman 

Agresi teritorial di dalam rumah

Ilustrasi cara mengenalkan kucing baru ke kucing lama. SHUTTERSTOCK/NILS JACOBI Ilustrasi cara mengenalkan kucing baru ke kucing lama.
Kucing sangat sensitif terhadap perubahan di lingkungannya, termasuk ketika Anda menambahkan kucing atau anak kucing baru ke dalam rumah.

Jika tidak memperkenalkan kucing peliharaan dengan benar dengan banyak langkah kecil dan penguatan positif, ini bisa menciptakan konflik di antara kucing-kucing tersebut, yang mungkin melibatkan perkelahian.

Demikian juga, terkadang dua ekor kucing mungkin terlihat akur jika salah satunya lebih muda, tetapi ketika kucing tersebut mencapai kedewasaan sosial, agresi dapat terjadi oleh kucing yang lebih tua atau lebih muda serta terkadang dari keduanya tanpa memandang jenis kelamin.

Bahkan ketika semua tampak baik-baik saja di dalam rumah, agresi dan perkelahian antara dua kucing dapat terjadi secara tiba-tiba.

Perubahan mendadak pada perilaku kucing perlu menjadi perhatian. Sering kali, hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah medis. Di lain waktu, hal ini dapat berarti ada sesuatu yang tidak disukai kucing telah mengganggunya. 

Baca juga: 4 Manfaat Sterilisasi pada Kucing, Bisa Cegah Kanker

Agresi teritorial di luar rumah

Jika memiliki kucing yang tinggal di dalam dan luar ruangan, ini berisiko membuat sahabat bulu berkelahi dengan kucing lain yang mendekat atau masuk ke dalam batas wilayah Anda. Hal ini disebabkan sifat teritorial kucing.

Maka itu, menjaga kucing peliharaan di dalam ruangan adalah salah satu cara mencegah kucing berkelahi satu sama lain.

Gunakan gorden dan "ruang bermain" di luar ruangan agar tetap aman bermain dari kucing lain dan predator.

Selain itu, cobalah cara-cara mencegah kucing peliharaan memasuki halaman rumah Anda meski sulit dilakukan, tergantung pada luas halaman, pagar, dan kesediaan tetangga untuk mengendalikan kucing mereka. 

Baca juga: Mengapa Kucing Menyukai Laptop?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com