Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Tawon di Halaman Rumah, Bisa Pakai Mentimun

Kompas.com - 23/08/2023, 14:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tawon sering muncul di halaman rumah, menimbulkan berbagai masalah. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengusir tawon di halaman rumah agar kegiatan berkebun Anda tak terganggu.

Ada beberapa cara mengusir tawon secara alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan irisan mentimun.

Dikutip dari House Digest, Rabu (23/8/2023), selain memakan tanaman, serangan tawon dapat dengan cepat menjadi masalah di rumah. Sarang tawon biasanya terbuat dari kayu dan air liur, jadi Anda mungkin melihat kerusakan di sekitar bagian luar rumah jika ada.

Baca juga: 7 Hal yang Menarik Tawon ke Rumah, Air hingga Pohon Buah

Ilustrasi tawon. PIXABAY/BEASTERNCHEN Ilustrasi tawon.

Alih-alih menunggu tawon merusak halaman rumah atau mungkin menyerang bagian lain dari rumah Anda, ambil beberapa irisan mentimun dan gunakan kiat luar biasa ini untuk menjauhkannya.

Cara menggunakan mentimun untuk mengusir tawon

Cara terbaik untuk menerapkan trik ini adalah dengan mengiris mentimun. Ini memungkinkan Anda untuk menyebarkannya di sekitar kebun sayuran atau di mana pun Anda melihat tawon berdengung.

Sementara peretasan lainnya mengharuskan Anda untuk mengambil botol semprotan dan beberapa barang, peretasan ini semudah mengiris mentimun dan menempatkan potongan-potongan itu di sekitar halaman rumah.

Anda bisa melakukan peretasan ini selangkah lebih maju dan meletakkan irisan mentimun di atas loyang aluminium foil buatan sendiri. Saat mentimun berinteraksi dengan aluminium foil, terjadi reaksi kimia yang mengusir serangga.

Baca juga: 8 Tanaman Pengusir Tawon di Halaman Rumah

Anda mungkin menemukan bahwa retasan ini juga berfungsi untuk mencegah berbagai hama lain di halaman rumah, termasuk siput.

Jika Anda melihat tawon terutama ada di halaman rumah, pusatkan perhatian Anda di sini, tempatkan irisan mentimun di tempat yang bermasalah dengan tawon.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com