Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gegabah, Ini Tips Aman Menghilangkan Sarang Tawon di Rumah

Kompas.com - 22/07/2021, 18:20 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan sarang tawon atau sarang lebah di rumah tentu membuat khawatir. Untuk itu, penting melakukan tindakan segera agar sarang tidak bertambah besar dan tawon semakin banyak.

Namun, jangan gegabah dan sembarangan dalam menyingkirkan sarang tawon. Ada persiapan matang dan aman yang perlu dilakukan. Salah-salah bisa menjadi bumerang karena tawon bisa menyengat secara tiba-tiba.

Baca juga: Cara Menghilangkan Sarang Tawon di Atap Rumah dengan Obat Nyamuk Bakar 

Nah, dikutip dari kanal YouTube Feeby Ewok, Kamis (22/7/2021), berikut ini adalah cara menghilangkan sarang tawon yang muncul di rumah.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Kamu bisa menyingkirkan sarang tawon yang ada di sekitar rumah dengan memanfaatkan bensin jenis pertamax. Kamu cukup menyiapkan sedikit pertamax dan spons yang dipotong kecil agar muat memasuki lubang sarang tawon.  

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Ada Sarang Tawon di Rumah?

Cara menghilangkan sarang tawon 

1. Untuk menghilangkan sarang tawon di sekitar rumah, sebaiknya dilakukan pada malam hari karena tawon tidak bisa begitu aktif dalam kondisi gelap. Pastikan juga tidak ada pencahayaan yang diarahkan ke sarang tawon.

2. Apabila sarang tawon terjangkau olehmu, perhatikan lubang di sarang tawon yang menjadi akses masuk tawon kesarangnya.

Jika lubangnya terlihat, siapkan busa spons yang sesuai untuk mengganjal lubang masuk sarang tawon. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Sarang Lebah di Rumah Secara Aman dan Manusiawi

3. Setelah busa spons disesuaikan untuk menutupi atau mengganjal lubang sarang tawon, maka basahkan atau rendam busa spons tersebut dengan bensin pertamax, lalu masukkan ke lubang sarang tawon.

4. Dalam beberapa menit, semua tawon yang ada di dalam sarang akan pingsan hingga mati akibat menghirup aroma bensin pertamax.

5. Apabila isi sarang tawon tidak lagi berisik, bisa dipastikan semua tawon di dalamnya sudah pingsan atau mati. 

Baca juga: Cara Mencegah Kecoak Masuk ke Rumah

6. Setelah tidak ada pergerakan dari tawon, kamu bisa langsung membongkar sarang tawon. Lepaskan sarang tawon yang menempel secara perlahan dan jangan membongkar sarang tawon secara asal.

7. Setelah sarang tawon berhasil dilepas atau dibongkar, buang sarangnya ke tempat yang aman dan tidak terjangkau dari lingkungan manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com