Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Barang yang Dapat Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Kompas.com - 20/08/2023, 19:05 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring atau dishwasher adalah peralatan rumah tangga yang berfungsi membersihkan piring, peralatan masak, dan alat makan lainnya, seperti sendok serta gelas.

Namun, mesin pencuci piring ternyata dapat membersihkan sejumlah benda di rumah. Ada beberapa barang yang bisa dicuci atau dimasukkan ke mesin pencuci piring. 

Dilansir dari Love To Know Media, Minggu (20/8/2023), berikut sejumlah barang yang dapat dicuci dengan mesin pencuci piring

Baca juga: Ternyata, Mesin Pencuci Piring Bisa Bantu Lestarikan Lingkungan

Sisir rambut dan aksesori

Ilustrasi mesin pencuci piring.Shutterstock/Varavin88 Ilustrasi mesin pencuci piring.
Sisir dan aksesori ternyata bisa dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring. Akan tetapi, sebelum melakukannya, pastikan tidak terdapat rambut rontok yang tertinggal pada sisir. 

Letakkan barang-barang tersebut dengan benar dalam mesin pencuci piring, kemudian tunggu beberapa saat sampai sisir dan aksesori bersih sempurna.

Baca juga: 10 Benda yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Mainan anak

Mainan anak juga menjadi barang yang dapat dengan mesin pencuci piring. Akan tetapi, hanya mainan tanpa baterai yang bisa dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring.

Perhatikan juga ukuran mainan. Pastikan mainan tidak berukuran terlalu besar atau kecil. Sebab, mainan yang terlalu besar biasanya akan sulit dimasukkan ke mesin pencuci piring.

Sedangkan mainan yang terlalu kecil dapat hilang. Maka itu, sebaiknya masukkan mainan kecil ke tas jaring sebelum memasukkannya ke mesin pencuci piring. 

Baca juga: Cara Menggunakan Dishwasher atau Mesin Pencuci Piring

Spons dapur

Spons dapur perlu rutin dibersihkan agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Membersihkan spons dapur bisa dimasukkan ke mesin pencuci piring.

Ini tak hanya membuat spons bersih, tapi juga bebas kuman karena panas dari mesin pencuci piring dapat membunuhnya. 

Laci kulkas

Laci kulkas juga merupakan perabotan rumah tangga yang harus rutin dibersihkan. Terkadang, laci menjadi sangat kotor karena banyak noda sisa makanan yang mengerak.

Membersihkan laci kulkas menggunakan mesin pencuci piring dinilai lebih mudah dan cepat dibanding membersihkan secara manual serta hasilnya lebih bersih. 

Baca juga: 7 Benda yang Tak Boleh Dicuci dengan Mesin Pencuci Piring

Ilustrasi dishwasher atau mesin pencuci piring.PEXELS/COTTONBRO STUDIO Ilustrasi dishwasher atau mesin pencuci piring.

Tempat sabun

Benda lain yang bisa dibersihkan menggunakan mesin pencuci piring adalah tempat sabun batang. Biasanya, pada tempat sabun terdapat sisa sabun yang mengering.

Namun, wbelum mencuci tempat sabun dengan mesin pencuci piring, pastikan mengikis atau menghilangkan sisa sabun terlebih dahulu agar nantinya tidak membentuk busa di dalam mesin.

Setelah semua sisa sabun terangkat, barulah masukkan tempat sabun ke .esin pencuci piring.

Tempat sampah kecil

Tempat sampah yang ukuran kecil juga menjadi barang yang dapat dibersihkan dengan mesin pencuci piring.

Tempat sampai ini biasanya digunakan untuk membuang kertas, tisu, atau sampah-sampah kecil. Dengan mencuci dengan mesin pencuci piring, maka tempat sampah akan terlihat seperti baru lagi.

Baca juga: 5 Cara agar Mesin Pencuci Piring Lebih Tahan Lama

Pot bunga

Terakhir, barang yang dapat dibersihkan dengan mesin pencuci piring adalahq pot bunga. Pembedihan ini membuat pot bunga lebih cepat bersih.

Akan tetapi, mesin pencuci piring berisiko membuat cat pada pot bunga mengelupas. Jadi,  jenis pot yang dicat sebaiknya dicuci secara manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com