Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Cara Efektif Mengatasi Saluran Air Dalam Rumah yang Tersumbat

Kompas.com - 19/08/2023, 08:35 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saluran air di dalam rumah yang tersumbat seringkali menyebabkan beragam masalah. Misalnya, saluran bak cuci piring yang tidak hanya terisi air, tetapi juga potongan sisa makanan.

Penyumbatan saluran air merupakan hal yang bisa begitu merepotkan. Tetapi, hal ini tidak selalu mengharuskan Anda untuk menghubungi teknisi.

Ada berbagai cara untuk mengenali penyumbatan saluran air dan mengatasi masalah tersebut dengan mudah serta cocok untuk dilakukan sendiri.

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air Bak Cuci Piring Mampet, Pakai Cuka

Ilustrasi keran kamar mandi, keran wastafel kamar mandi.UNSPLASH/ZAC GUDAKOV Ilustrasi keran kamar mandi, keran wastafel kamar mandi.

Berikut beberapa cara mengatasi saluran air tersumbat, dikutip dari Martha Stewart, Sabtu (19/8/2023). 

1. Wastafel kamar mandi

Penyumbatan wastafel kamar mandi bisa muncul dari berbagai penyebab, termasuk rambut, pasta gigi yang mengeras, serta sisa-sisa rambut akibat bercukur. Namun, untungnya, masalah ini umumnya lebih mudah untuk diatasi.

Jika jika wastafel kamar mandi Anda mengalami aliran air yang lambat, solusi yang cukup sederhana adalah mencampurkan setengah cangkir baking soda dengan setengah cangkir cuka putih, ungkap George Calabrese, pemilik Calabrese Plumbing di Fairfax, Virginia.

Campuran ini dapat dituangkan ke saluran pembuangan, diamkan sejenak, lalu disusul dengan beberapa liter air mendidih, tambahnya.

 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Saluran Air Mampet Pakai Bumbu Dapur

Meskipun perlu beberapa kali pengulangan dan beberapa hari untuk hasil optimal, setiap kali larutan ini digunakan, aliran air akan menjadi lebih lancar.

Namun, jika Anda menemukan bahwa penyumbatan tersebut tetap tidak berubah dalam waktu yang lama, dan ini bukan hanya dalam hitungan menit, tetapi dalam berjam-jam, Calabrese menyarankan Anda untuk mengabaikan rasa malu dan lebih baik memanggil seorang profesional untuk mencegah situasi semakin memburuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com