Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/08/2023, 20:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lidah buaya adalah tanaman hias yang dapat dirawat atau diletakkan di dalam maupun luar ruangan. 

Lidah buaya juga merupakan tanaman hias yang mandiri dan membutuhkan sedikit perawatan. Merawat seluruh genus tanaman sukulen ini membutuhkan perhatian cermat terhadap suhu dan penyiraman. 

Baca juga: Mengapa Tanaman Lidah Buaya Layu? Kenali Penyebabnya

Sering kali ketika mendapat banya perawatan, seperti pemberian pupuk, tanah, dan penyiraman, justru dapat menyebabkan lidah buaya mengalami masalah, salah satunya tanaman menguning.

Tanaman lidah buaya yang sehat umumnya menunjukkan warna hijau tua hingga hampir biru pada daunnya yang tebal.

Beberapa varietas lidah buaya menawarkan warna lebih hijau limau saat sehat, tetapi daun yang kuning dan kecoklatan umumnya menunjukkan adanya masalah.

Nah, dilansir dari All About Gardening dan Petal Republic, Sabtu (12/8/2023), berikut penyebab tanaman lidah buaya menguning. 

Baca juga: 8 Tips Merawat Lidah Buaya agar Daunnya Gemuk

Penyiraman berlebihan

Ilustrasi tanaman lidah buaya. PEXELS/BT3GL Ilustrasi tanaman lidah buaya.
Lidah buaya adalah tanaman gurun, tetapi tetap membutuhkan air untuk bertahan hidup. Namun, penting memberikan jumlah air yang tepat.

Penyiraman berlebihan menjadi penyebab tanaman lidah buaya menguning paling utama. Tanah yang terlalu basah membuat kekurangan oksigen dan akar yang tergenang tidak mampu mengangkut air dan nutrisi ke daun tanaman.

Daun yang kekurangan nutrisi akan mulai menguning, bahkan mati apabila tidak segera diatasi.

Baca juga: Menyiram Tanaman Lidah Buaya, Sebaiknya dari Atas atau Bawah?

Temperatur dingin 

Selanjutnya, penyebab tanaman lidah buaya menguning adalah temperatur dingin Lidah buaya dapat mentoleransi berbagai macam suhu. Namun, jika suhu turun di bawah 4 derajat Celsius dapat menyebabkan kerusakan jaringan besar.

Air di dalam sel tanaman akan membeku, menyebabkan dinding sel pecah. Gejala kerusakan akibat suhu dingin termasuk daun yang menguning, lemas, dan lembek yang berantakan saat disentuh.

Meski berada di dalam ruangan, tanaman lidah buaya masih bisa rusak karena suhu dingin. Jika tanaman terlalu dekat dengan pintu eksterior yang sering digunakan, udara dingin dapat masuk setiap kali pintu dibuka dan ditutup.

Tanaman yang diletakkan di dekat jendela pada musim dingin juga dapat terpapar suhu dingin. Saat suhu menjadi sangat rendah pada musim dingin, pertimbangkan memindahkan tanaman menjauh dari jendela pada malam hari.

Baca juga: Penyebab Tanaman Lidah Buaya Terkulai dan Cara Mengatasinya

Media tanam yang salah

Ilustrasi tanaman lidah buaya. SHUTTERSTOCK/NEVADA31 Ilustrasi tanaman lidah buaya.
Lidah buaya membutuhkan tanah yang memiliki drainase baik untuk pertumbuhan yang sehat. Jika menggunakan tanah pot dasar dengan sedikit atau tanpa tambahan, seperti pasir, kerikil, batu apung atau perlit, tanah akan menjadi terlalu berat atau basah.

Jenis tanah yang salah dan cenderung terlalu banyak air dapat membuat lidah buaya mati. Jika memilih membuat campuran pot khusus sendiri, pertahankan rasio bahan organik:anorganik menjadi satu bagian organik dan dua bagian kombinasi bahan anorganik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com