Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mendekorasi Meja Kopi Bulat agar Menarik

Kompas.com - 03/08/2023, 18:03 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kopi bulat menjadi salah satu pilihan untuk melengkapi ruang tamu. Meja kopi bulat yang didekorasi baik dapat menjadi titik fokus menarik dan menyatukan tampilan ruangan.

Namun, berbeda dengan meja persegi yang memiliki banyak ruang untuk aksesori favorit dan area  untuk fungsionalitas, dekorasi meja kopi bulat perlu sedikit lebih dipertimbangkan. 

Dikutip dari Living Etc, Kamis (3/8/2023), berikut sejumlah cara mendekorasi meja kopi bulat.

Baca juga: Ide Menggunakan Meja Kopi di Ruang Tamu Kecil agar Ruangan Tampak Luas

Baki

Ilustrasi meja kopi marmer.Shutterstock/mujijoa79 Ilustrasi meja kopi marmer.
Baki adalah dekorasi meja kopi yang bagus dan merupakan cara  menciptakan keteraturan di atas meja.

Buatlah pengelompokan yang menarik. Pertimbangkan lapisan akhir dan kontraskan dengan permukaan meja. Sebagai contoh, meja kayu terang dengan baki kayu gelap akan terlihat menarik.

Pertimbangkan ukuran meja kopi bulat dalam pemilihan baki. Jika memiliki meja bulat besar, pertimbangkan meletakkan nampan persegi panjang. Penempatan diagonal akan terlihat lebih baik dan membuat dekorasi ruang tamu elegan.

Untuk meja kopi bulat yang lebih kecil, akan lebih baik mempertahankan simetri sehingga sebaiknya pilih baki bulat.

Baca juga: 11 Ide Dekorasi Meja Kopi yang Fungsional dan Bergaya

Buku

Charlotte Sitton, pendiri Organised by Charlotte, mengatakan tergantung pada ukuran meja kopi, Anda bisa menumpuk tiga buku di atas satu sama lain atau menyebarnya jika meja lebih besar menjadi tiga tumpukan dua buku. Tampilan ini terlihat penuh warna dan menarik.

Cobalah menemukan buku-buku yang menarik guna mendorong para tamu mengambilnya ketika ada jeda selama percakapan. Buku-buku tersebut juga dapat menjadi cerminan selera dan minat Anda.

Baca juga: 5 Tips Mendekorasi Meja Kopi Kaca, Jadi Daya Tarik Ruang Tamu

Patung miniatur

Jika memiliki dua meja kopi bulat sebagai perabot ruang tamu, berikan tampilan untuk pada masing-masing meja. Satu meja dapat digunakan menyimpan buku dan kotak-kotak cantik, sedangkan meja lainnya berfungsi memajang patung menarik.

Anna Popov, pendiri Interiors by Popov, mengatakan kotak-kotak di atas meja kopi dapat menyimpan barang-barang yang berantakan, seperti remote atau tatakan gelas, atau menyimpan harta karun yang ingin diungkapkan saat dilihat lebih dekat.

Di sisi lain, patung mini bisa menjadi pembuka percakapan. Tempatkan patung-patung dan pernak-pernik secara berkelompok serta tumpuk buku satu sama lain. Hal ini akan membuat meja kopi lebih rapi dan enak dipandang.

Baca juga: 10 Ide Dekorasi Meja Kopi untuk Mempercantik Ruang Tamu

Tanaman hias

Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi meja kopi di ruang tamu kecil.
Pertimbangkan menambahkan tanaman dengan bentuk menarik. Tanaman laba-laba atau sukulen bisa menjadi pilihan.

Letakkan tanaman di dalam pot atau mangkuk cantik untuk menghadirkan kehidupan serta kelembutan pada dekorasi ruang tamu.

Perlu diingat, jika memiliki hewan peliharaan yang dapat menjangkau meja kopi, sebaiknya tempatkan tanaman hias yang aman bagi mereka. Perhatikan pula kebutuhan penyiraman dan sinar matahari.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Cocok Jadi Dekorasi Meja Kopi

Vas terakota

Tempatkan vas-vas terakota yang menarik. Saat menata meja kopi, susun benda dalam jumlah ganjil.

Mary Patton, pendiri Mary Patton Design, mengatakan Anda tidak akan salah dengan satu set tiga item. "Saya suka bermain-main dengan tekstur dan ketinggian saat menata".

Ia menambahkan, salah satu set yang selalu terlihat bagus adalah satu buku besar, sebuah benda dekoratif, seperti vas bunga dan lilin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com