Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Meja Kopi

Kompas.com - 02/08/2023, 10:28 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meja kopi di ruang tamu dapat berfungsi sebagai tempat meletakkan berbagai barang, seperti remote TV, minuman, maupun makanan.

Selain itu, meja kopi juga dapat mempengaruhi tampilan ruangan dan tersedia dalam berbagai model. Anda bisa memilihnya yang sesuai dengan prefensi pribadi, tapi terkadang juga dapat membuat bingung.  

Untuk memudahkan Anda, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih meja kopi dikutip dari Living Cozy, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: 6 Jenis Meja Kopi yang Dapat Mempercantik Ruang Keluarga

Penempatan

Ilustrasi meja kopi kaca di ruang tamu.UNSPLASH/HANNAH BUSING Ilustrasi meja kopi kaca di ruang tamu.
Sebelum membeli meja kopi, sebaiknya mengatahui di mana akan menempatkannya. Penempatan meja kopi dipengaruhi sejumlah faktor, seperti ukuran, skala, hingga gaya.

Menurut Michelle Leduc, co-owner dan design consultant di Decorating Den Interiors - Leduc Designs, kunci menempatkan meja kopi adalah menggunakan perabot ruang tamu lain sebagai pedoman.

"Aturan praktis yang baik adalah memusatkan meja kopi dengan bagian tempat duduk yang paling besar, umumnya sofa," katanya. 

Ia merekomendasikan memilih meja kopi berukuran sekitar dua pertiga dari panjang sofa, yang akan mengakomodasi jangkauan nyaman dari semua tempat duduk.

Memastikan ada cukup ruang untuk masuk dan keluar dengan mudah juga merupakan hal penting.

Leduc menyarankan menjaga jarak antara sekitar 40-45 sentimeter antara meja dan sofa agar memudahkan orang berjalan dengan nyaman tanpa menciptakan terlalu banyak ruang antara sofa dan meja.

Baca juga: Ragam Alasan Perlu Memiliki Meja Kopi di Ruang Keluarga

Ukuran

Meja kopi yang tidak proporsional adalah kesalahan yang sering terjadi. Jadikan, ukuran meja sebagai priroritas saat memilih meja kopi.

Kathy Kuo, pendiri dan CEO Kathy Kuo Home, merekomendasikan mengukur ruang dan memilih tempat duduk yang akan mengelilingi meja kopi terlebih dulu. Pastikan ketinggian meja kopi sesuai dengan sofa maupun kursi berlengan. 

Leduc merekomendasikan tinggi meja kopi antara sekitar 2,5 sampai lima sentimeter lebih tinggi atau lebih rendah dari bantalan sofa.

Setelah menentukan ukuran, mulailah mempertimbangkan motif dekorasi rumah dan ruang tamu serta memilih detai desain meja kopi yang paling cocok untuk melengkapinya.

Baca juga: Sebaiknya Meja Kopi Lebih Rendah, Sejajar, atau Tinggi dari Sofa?

Fungsi

Ilustrasi meja kopi di ruang keluarga, kaki meja hairpin pada meja kopi. SHUTTERSTOCK/GROUND PICTURE Ilustrasi meja kopi di ruang keluarga, kaki meja hairpin pada meja kopi.
Leduc menyarankan memprioritaskan fungsi. "Meski desain penting, meja kopi yang sempurna harus sesuai dengan gaya hidup Anda," ujarnya.

Baik mencari meja ramah anak yang tidak memiliki ujung tajam atau yang menyediakan penyimpanan ekstra, meja kopi tersedia dalam konfigurasi beragam untuk memenuhi kebutuhan. 

Melihat-lihat gaya terbaru akan memberikan gambaran tentang fitur-fitur yang tersedia. Jika melihat sesuatu yang Anda sukai, tambahkan ke dalam daftar kriteria.

Baca juga: 4 Bahan yang Dapat Menghilangkan Noda Air pada Meja Kopi

Anggaran

Hal yang tak kalah penting dipertimbangkan adalah anggaran. Sama dengan berbelanja perabot lain, sangat mudah merasa kewalahan dengan banyaknya pilihan.

Mengetahui jumlah yang Anda bersedia dan mampu belanjakan untuk sebuah meja kopi akan menyisihkan barang-barang yang tidak sesuai sehingga membuat pemilihan lebih mudah.

Dengan menentukan secara spesifik berapa banyak anggaran yang ingin dikeluarkan, Anda membuat pencarian lebih mudah sejak awal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com