Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencuci Buah dan Sayuran Menurut Pakar Keamanan Pangan

Kompas.com - 25/07/2023, 19:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Buah dan sayur kaya akan vitamin, dari vitamin A, vitamin C, hingga vitamin K. Tak heran, buah dan sayur menjadi nutrisi serta bahan makanan yang menyehatkan.  

Biasanya, buah dan sayuran sering disimpan bersama di dalam kulkas lantaran keduanya adalah bahan makanan segar. 

Baca juga: 4 Tips Mencuci Buah dan Sayuran agar Higienis

Namun, sebelum menyimpan buah dan sayuran di kulkas, apakah Anda mencucinya terlebih dulu?

Sebagian orang melakukannya, tapi banyak pula langsung menyimpannya tanpa mencuci. Biasanya, mencuci buah dan sayuran cukup menggunakan air mengalir, lalu menyeka semua permukaan untuk mengeluakan debu serta kotoran yang menempel.

Namun, setelah menonton begitu banyak video online yang menyarankan mencuci buah dan sayuran memakai cuka atau produk pembersih khusus yang dibeli di toko. 

Hal ini pun membuat mulai bertanya-tanya apakah sudah benar-benar mencuci buah dan sayuran dengan tepat? Apakah semua kotoran (dan potensi kuman) sudah dibersihkan? 

Baca juga: Cara Menyimpan Buah Anggur di Kulkas agar Tetap Renyah  

Mengapa harus mencuci buah dan sayur? 

Ilustrasi mencuci sayuran dan buah di dapur.UNSPLASH/LOUIS HANSEL Ilustrasi mencuci sayuran dan buah di dapur.
Michelle Smith, analis kebijakan senior di Divisi Keamanan Produk di Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), mengatakan buah dan sayuran segar adalah bagian dari makanan sehat serta bergizi.

Namun, bakteri berbahaya yang mungkin ada di tanah atau air tempat tumbuhnya dapat bersentuhan dengan buah dan sayuran, lalu mencemari mereka sehingga sangat penting mencucinya sehabis pulang dari belanja. 

"Bakteri dapat masuk ke produk saat panen, selama penyimpanan, bahkan saat persiapan," ucap Smith yang sudah berpengalaman selama 25 tahun di industri ini. 

Selain itu, karena produk sering dikonsumsi mentah, tidak ada langkah penting memasak yang dapat membunuh bakteri berbahaya.

Karena itu, penting mencuci buah dan sayuran sebelum mengonsumsinya. Bahkan jika tidak berencana memakan kulitnya, tetap penting mencuci buah terlebih dahulu agar kotoran dan bakteri tidak berpindah dari permukaannya saat mengupas atau memotong produk. 

Baca juga: Jangan Berikan Cangkang Telur untuk 8 Tanaman Buah dan Sayuran Ini

Bagaimana cara mencuci buah dan sayuran?

Smith menjelaskan sebenarnya ada metode tepat yang tidak hanya paling aman, tetapi juga efektifmencuci buah dan sayuran.

Terlepas dari banyaknya video di media sosial, menggunakan formula atau produk untuk mencuci buah dan sayuran bisa jadi berbahaya.

Cara terbaik mencuci buah dan sayuran dengan aman sangatlah sederhana. Hal yang Anda butuhkan hanyalah air.

Mencuci permukaan buah dan sayuran secara menyeluruh dengan air bersih yang mengalir akan mengurangi potensi kontaminasi dari tanah, residu, atau mikroba.  

Baca juga: 4 Cara Mencegah Lalat Buah di Dapur, Mudah Dilakukan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com