Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Arah Mana Sebaiknya Kipas Angin Plafon Berputar?

Kompas.com - 12/07/2023, 07:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Arah berputar kipas angin plafon dapat berpengaruh pada angin yang diembuskannya, bahkan menghemat biaya energi jika berputar ke arah yang tepat, tergantung pada musim hujan atau cuaca panasa atau musim kemarau atau cuaca panas. 

Kipas angin plafon memberikan sirkulasi udara yang baik dan Anda dapat mengoptimalkan manfaat ini dengan memastikan putaran baling-balingnya tepat untuk setiap musim. 

Baca juga: Simak, Ini Cara Membersihkan Kipas Angin Kamar Mandi

Lantas, ke arah mana sebaiknya kipas angin plafon berputar? 

Dilansir dari The Spruce, Rabu (12/7/2023), berikut arah terbaik kipas angin plafon berputar. 

Arah kipas angin plafon saat cuaca panas

Ilustrasi memasang kipas angin plafon.Shutterstock/New Africa Ilustrasi memasang kipas angin plafon.
Untuk membantu menghasilkan angin yang nyaman atau "angin dingin" yang mendinginkan kulit, baling-baling kipas angin palfon harus berputar dengan gerakan terbalik atau berlawanan arah jarum jam.

Pergerakan udara memiliki efek nyaman yang sama seperti ketika Anda mengipasi diri  dengan majalah untuk mendapatkan kelegaan dari udara yang panas dan menyesakkan.

Kipas angin plafon itu sendiri tidak memanaskan atau mendinginkan ruangan, tetapi putaran kipas angin plafon menciptakan peningkatan sirkulasi udara yang dapat meningkatkan kenyamanan ruang hidup Anda.

Anda juga dapat menghemat biaya energi ketika kipas angin plafon berada pada pengaturan yang benar untuk mendukung upaya pendinginan atau pemanasan Anda.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membeli Kipas Angin Plafon

Arah kipas angin plafon pada cuaca dingin 

Untuk membantu memindahkan udara hangat yang terperangkap di dekat plafon, baling-baling kipas angin palfon harus berputar ke depan dengan gerakan searah jarum jam.

Gerakan ini akan mendorong udara yang lebih rendah dan menarik udara hangat ke sisi ruangan sehingga meningkatkan distribusi panas.

Menemukan sakelar arah kipas angin 

Ilustrasi kipas angin plafon atau gantung.Shutterstock/Africa Studio Ilustrasi kipas angin plafon atau gantung.
Tergantung pada model kipas angin plafon Anda, akan ada satu dari tiga cara mengganti arah kipas angin. Anda mungkin memiliki rantai tarik, remote control, atau kipas pintar yang terhubung ke internet.

Berikut petunjuk dasar tentang cara mengganti arah kipas angin plafon, tetapi sebaiknya  membaca buku panduan pemilik produk Anda untuk mendapatkan petunjuk lebih lengkap. 

Rantai tarik: Matikan kipas angin plafon dengan rantai tarikan dan biarkan kipas angin berhenti sepenuhnya. 

Baca juga: Kipas Angin Gantung di Ruang Makan, Baik atau Buruk Menurut Feng Shui?

Periksa bodi kipas atau lampu untuk menemukan sakelar guna membalikkan kipas. Geser atau alihkan sakelar, lalu nyalakan kembali kipas angin.

Kontrol jarak jauh: Matikan kipas angin plafon, biarkan berhenti sepenuhnya, dan cari tombol mundur pada remote control. Anda mungkin akan melihat lampu berkedip pada remote control ketika pembalikan telah berlaku.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com