Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BSI Hadirkan 50 "Vending Machine" Tukar Botol Plastik Jadi Uang

Kompas.com - 08/07/2023, 23:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Syariah Indonesia Tbk berkomitmen untuk melakukan implementasi keuangan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan diluncurkannya gerakan BSI Sustainable Movement.

Program ini merupakan gerakan ajakan BSI bagi seluruh masyarakat agar dapat berkontribusi positif bagi kelestarian lingkungan dan keberlanjutan.

BSI Sustainable Movement meliputi tiga poin aktivitas utama, yaitu pengurangan sampah plastik melalui penyediaan reverse vending machine (rvm) atau mesin drop botol plastik digital yang selanjutnya akan di daur ulang menjadi aneka produk serbaguna yang diproduksi oleh UMKM, penanaman pohon serta pelepasan anak tukik untuk untuk kelestarian.

Baca juga: Cara Menanam Cabai Hidroponik Sederhana Pakai Botol Plastik Bekas

Ilustrasi botol plastik, air minum dalam kemasan.Dok. Freepik/Racool_Studio Ilustrasi botol plastik, air minum dalam kemasan.

BSI berkolaborasi dengan Plasticpay melakukan pemasangan 50 Reverse Vending Machine (RVM) di Bali dan Jabodetabek dalam rangka mendukung aksi berkelanjutan melalui inovasi sektor keuangan.

Melalui inovasi ini masyarakat dapat menukarkan botol plastik menjadi uang dan selanjutnya botol plastik yang telah terkumpul dapat didaur ulang menjadi produk serbaguna yang diproduksi oleh UMKM Indonesia.

Melalui proses tersebut, BSI berharap penerapan prinsip 3P (People, Planet, Profit) dalam keuangan berkelanjutan dapat terimplementasi dengan baik.

Direktur Compliance & Human Capital BSI Tribuana Tunggadewi mengatakan, gerakan BSI Sustainable Movement yang dilakukan merupakan bentuk komitmen kuat dan peran aktif BSI dalam mengimplementasikan keuangan berkelanjutan serta BSI sebagai sahabat finansial, spiritual dan sosial.

Baca juga: Jangan Dibuang, Daur Ulang Sampah Plastik ke Recycling Village

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com