Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Meletakkan Kasur Langsung di Lantai, Ini 5 Bahayanya

Kompas.com - 30/06/2023, 17:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meletakkan kasur di lantai adalah tren yang datang dan pergi selama bertahun-tahun. Namun demikian, tidak semua kasur dirancang untuk diletakkan di lantai.

Sebagian besar kasur sebaiknya hanya digunakan pada alas tempat tidur yang sesuai, dan terutama untuk kasur memory foam.

Dikutip dari Tom's Guide, Jumat (30/6/2023), saat Anda membeli kasur baru, salah satu keputusan selanjutnya yang harus Anda ambil adalah permukaan yang akan digunakan. Ada beberapa jenis alas tempat tidur, termasuk pegas kotak, platform, dan dipan, tetapi bagaimana jika Anda tidak ingin atau tidak dapat membelinya?

Baca juga: Meletakkan Kasur Langsung di Lantai, Ini Keuntungan dan Kerugiannya

Ilustrasi kasur yang diletakkan langsung di atas lantai. SHUTTERSTOCK/FOTOHELIN Ilustrasi kasur yang diletakkan langsung di atas lantai.

Memang lebih mudah untuk meletakkan kasur di lantai, tetapi itu tidak selalu merupakan keputusan yang tepat.

Kasur yang terbuat dari memory foam sangat sensitif untuk diletakkan di lantai, karena bahan berpori lebih rentan terhadap jamur dan menarik bakteri jika ditempatkan dengan cara ini.

Kasur membutuhkan ruang untuk bernapas agar tetap sehat, dan kasur tidak dapat melakukan itu jika dipadatkan di lantai kamar tidur.

Berikut beberapa alasan mengapa kasur sebaiknya tidak diletakkan di lantai.

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur yang Benar agar Bebas dari Kutu Busuk

1. Dapat mengembangkan jamur

Kita biasanya melihat jamur di tempat yang hangat atau lembap, tetapi sebenarnya kebanyakan kasur memiliki risiko jamur yang lebih tinggi saat diletakkan di lantai.

Tidak ada aliran udara antara tempat tidur Anda dan lantai, menjadikannya tempat lembab yang indah untuk serangga dan kotoran lainnya untuk berkumpul dan berkembang biak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com