Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/06/2023, 07:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita mungkin kerap tidak terpikirkan untuk mengecat dinding sampai ketika merasa bosan atau akan renovasi rumah. Namun, ada beberapa tanda Anda perlu mengecat ulang dinding.

Dikutip dari Homes & Gardens, Jumat (9/6/2023), tidak mengecat ulang dinding untuk menyegarkan warna yang ada adalah salah satu kesalahan pengecatan dinding yang paling umum dilihat oleh profesional.

Berikut beberapa tanda harus mengecat ulang dinding rumah.

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur yang Sebaiknya Dihindari dan Dipilih

Ilustrasi mengecat rumah, mengecat dinding rumah.SHUTTERSTOCK/JELENA ZELEN Ilustrasi mengecat rumah, mengecat dinding rumah.

1. Cat dinding telah kehilangan kecerahannya

Selama bertahun-tahun mencerahkan ruangan, cat dinding akan menjadi korban pemutihan sinar matahari, menyebabkan kehilangan kecerahannya seiring waktu, kata Artem Kropovinsky, desainer interior dan pendiri studio desain Arsight di New York City, AS.

Panas dan kelembapan juga berperan dalam hal ini, imbuh dia.

Jika dinding terlihat kusam, lapisan cat baru bisa diaplikasikan, apakah Anda menyegarkan warna yang ada atau menganggapnya sebagai kesempatan untuk bermain dengan cat baru, tutur Kropovinsky.

2. Anda memiliki warna cat yang sama selama bertahun-tahun

Sebagian besar ahli umumnya merekomendasikan untuk mengevaluasi kembali cat dinding setiap lima hingga 10 tahun untuk memeriksa tanda-tanda keausan.

Baca juga: Tidak Sulit, Cara Membersihkan Kuas Cat Pakai Pelembut Pakaian

Akan tetapi, Anda juga harus bertanya pada diri sendiri apakah Anda menyukai warna cat lagi, saran Christina Gar?ia Lysaught, pendiri dan desainer utama Layered Dimensions Interior Design.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com