Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Air Kulit Pisang untuk Tanaman dan Cara Pakainya

Kompas.com - 30/04/2023, 17:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengoleksi dan merawat tanaman hias kembali menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir. Ini khususnya ketika pandemi Covid-19 memaksa kita berada di rumah, sehingga banyak orang mengeksplorasi hobi yang dapat dilakukan tanpa keluar rumah.

Sejalan dengan itu, beragam tips merawat tanaman pun banyak ditemukan di media sosial, termasuk penggunaan sampah organik untuk menyuburkan tanaman. Salah satunya adalah menggunakan air kulit pisang.

Dikutip dari Reader's Digest, Minggu (30/4/2023), Stephanie Stephenson, penulis Rose Gardening, menjelaskan bahwa tren penggunaan kulit pisang untuk menyuburkan tanaman didasarkan pada air kulit pisang itu mudah dan sederhana. Belum lagi itu adalah pupuk alami untuk tanaman.

Baca juga: Penyakit Patek Bisa Mematikan Tanaman Cabai? Ini Penjelasannya

Ilustrasi kulit pisang untuk pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi kulit pisang untuk pupuk tanaman.

Pisang kaya akan potasium, kalsium, fosfor, dan magnesium. Kombinasi ini dapat merangsang dan menguntungkan pertumbuhan tanaman Anda, kata Stephenson.

Apa itu air kulit pisang?

Air kulit pisang adalah air yang direndam dalam kulit pisang. Simpan saja kulit pisang di dalam air selama beberapa minggu di dalam toples atau ember, lalu tuangkan cairannya ke tanaman.

Sesuai teori, merendam kulit pisang melepaskan nutrisi seperti kalium dan kalsium ke dalam air, yang menghasilkan pupuk cair buatan sendiri yang murah.

Apakah air kulit pisang ampuh menyuburkan tanaman?

Beberapa orang mempercayainya, tetapi saat ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa air pisang sebenarnya mengandung cukup potasium untuk membuat perbedaan bagi tanaman.

Baca juga: Cara Membuat Pestisida Cair untuk Tanaman Pakai Bawang Putih

Akan tetapi, alasan di balik penggunaan air kulit pisang masuk akal. Pisang mengandung banyak potasium, yang merupakan makronutrien penting yang meningkatkan pertumbuhan tanaman, memperkuat batang, dan membantu tanaman lebih tahan terhadap kekeringan dan hama.

Kulit pisang perlu dipecah untuk melepaskan nutrisi dalam bentuk yang dapat digunakan tanaman. Sebuah studi yang dilakukan oleh Makerere University College menunjukkan bahwa membuat air pisang dengan kulit pisang rebus mungkin merupakan cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kadar potasium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com